Penulis
Intisari-Online.com - Jika Anda seorang pengusaha, bagaimana cara Anda memperlakukan pelanggan? Apakah Anda ramah terhadap mereka? Apakah Anda pernah memberi penghargaan untuk pelanggan? Atau Anda justru acuh tak acuh terhadap mereka?
Berhati-hati lah! Sesungguhnya, keberhasilan bisnis Anda tergantung pada cara Anda memperlakukan pelanggan. Membina hubungan dengan pelanggan adalah hal penting bagi perkembangan bisnis Anda, demikian saran Josh Golden, CEO sebuah perusahaan konsultan digital Table XI.
"Setelah 11 tahun berkecimpung di bisnis konsultasi teknologi, saya telah belajar bahwa ada dua hal yang tidak akan pernah dilupakan pelanggan, yaitu kemampuan Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka dan cara Anda memperlakukan mereka," kata Golden.
Menurut Golden, ketika perusahaan-perusahaan sudah berkembang, mereka sering kehilangan kontak dengan para klien. Saat perusahaan baru berdiri, para pemilik perusahaan tahu kebutuhan setiap klien, namun karena bisnis semakin berkembang, mereka melepaskan tanggung jawab itu dan menyerahkannya kepada orang lain.
"(Ketika pertama kali perusahaan berdiri) saya memiliki semua informasi yang saya butuhkan tentang para pelanggan untuk mengantisipasi masalah yang terjadi pada mereka," kata Golden. "Sekarang, saya masih mengambil peran aktif membangun hubungan dengan pelanggan," imbuhnya.
Untuk menjaga hubungan dan membahagiakan para pelanggan, Golden memberikan empat saran. Berikut pemaparannya.