5 Langkah Siasati Stres di Kantor

Birgitta Ajeng

Penulis

5 Langkah Siasati Stres di Kantor

Intisari-Online.com - Kalau mau diperhatikan, sisi kehidupan manakah yang menimbulkan stres paling tinggi? Apakah keluarga atau pekerjaan? Jawabannya adalah pekerjaan.Sebuah studi oleh American Psychological Association menunjukkan bahwa 75% karyawan menganggap pekerjaan mereka sebagai sumber utama stres. Lebih dari setengah karyawan mengatakan, efek negatif dari stres mempengaruhi tingkat produktivitas mereka.Stres memang tidak bisa dihindari di tempat kerja. Namun kita bisa mengatasinya. HelpGuide.com menyediakan beberapa tips untuk menyiasati stres di tempat kerja, yaitu:1. Kenali tanda-tanda peringatanIndikator stres karena pekerjaan yaitu sakit kepala, otot tegang, tidak memiliki kehidupan sosial, sulit berkonsentrasi, sulit tidur, cepat lelah, cepat marah, depresi, dan apatis.2. Jaga tubuh AndaOlahraga sangat membantu mengurangi stres sebab mampu membuat tubuh Anda menjadi lebih berenergi. Olahraga juga dapat memperbaiki suasana hati dan mengasah konsentrasi Anda.Makan makanan ringan sepanjang hari juga dapat membantu mempertahankan tingkat gula darah dan menghindari perubahan suasana hati menjadi lebih bruuk. Waktu tidur yang cukup juga membantu menjaga keseimbangan emosional Anda.3. Mengelola waktu dengan memprioritaskan tugas utamaPekerjaan apa yang harus Anda selesaikan terlebih dulu? Untuk mengetahuinya, Anda perlu membuat daftar pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan terlebih dulu, dan pekerjaan apa yang mudah diselesaikan sehingga bisa dikerjaan terakhir. Kalau memang pekerjaan terasa menumpuk, Anda bisa coba mendelegasikan orang lain untuk mengerjakannya.4. Mengelola emosi dan menjaga perasaan orang lainPerhatikan setiap ucapan dan bahasa tubuh Anda saat berkomunikasi dengan rekan kerja di kantor. Usahakan Anda dapat berkomunikasi dengan baik untuk menghindari perselisihan di kantor.5. Mengubah cara berpikirJangan menetapkan target yang tidak realistis untuk diri sendiri dan orang lain. Tidak ada manusia yang sempurna. Anda hanya perlu membuat daftar pekerjaan yang mungkin dilakukan dan fokus pada pekerjaan Anda.(Intuit Small Business)