Find Us On Social Media :

Ini Tantangan Saat Bekerja di Rumah

By Birgitta Ajeng, Minggu, 1 Juni 2014 | 07:00 WIB

Ini Tantangan Saat Bekerja di Rumah

Intisari-Online.com - Meskipun bekerja dari rumah terdengar sebagai alternatif yang lebih menguntungkan dibandingkan harus menempuh perjalanan melelahkan menuju kantor dan harus duduk di kantor selama delapan jam sehari, konsep bekerja di rumah belum tentu cocok untuk semua orang. Lagipula ada beberapa tantangan saat bekerja di rumah seperti berikut ini.

1. Atur waktu

Banyak anggapan bekerja dari rumah memiliki kelebihan dalam hal waktu yang fleksibel dan hemat biaya. Kenyataannya, hal-hal tersebut belum tentu benar. Tak jarang para freelancer  justru kebanjiran order di hari libur. Oleh karena itu, siapkan mental untuk menghadapi perubahan rutinitas dulu sebelum memutuskan bekerja dari rumah. Jangan lupa, atur kembali kebutuhan waktu untuk bekerja dan waktu untuk keluarga.

Tak seperti di lingkungan kantor, bekerja dari rumah penuh dengan “godaan” yang dapat membuat produktivitas berkurang. Anak-anak merajuk minta ditemani bermain, pakaian kotor yang menggunung, atau setumpuk cucian piring, semua bisa menjadi distraksi. Agar tetap disiplin, sangat penting untuk memiliki jam kerja yang jelas. Misalnya, ambil waktu di pagi hari ketika anak-anak ke sekolah dan suami ke kantor.

(Baca juga: 6 Hal Terlarang Saat Wawancara Kerja)

2. Sudut kerja

Bayangkan jika Anda bekerja di sofa ruang keluarga dan masih mengenakan piyama, sementara laptop terbuka di meja dan stoples camilan di tangan. Belum lagi, suara televisi bersahut-sahutan dengan suara anak-anak bermain. Pasti konsentrasi Anda sekejap hilang, mood menurun, dan Anda akan berakhir tanpa mengerjakan apa pun.

Bekerja dari rumah bukan berarti Anda tak bisa memiliki kantor. Sulap sebuah ruangan di rumah menjadi kantor pribadi dengan meletakkan perlengkapan kerja seperti laptop, mesin faks, telepon, dan berkas-berkas di sana. Jika perlu, tutup pintu ketika Anda bekerja. Beri pengertian ke orang-orang rumah, terutama buah hati, bahwa Anda sedang bekerja dan tidak bisa diganggu. Bisa juga dengan membuat peraturan yang disepakati bersama.

3. Jadwal seminggu

Memang, bekerja dari rumah berarti tak ada bos di depan mata yang mengawasi dan memburu-buru pekerjaan Anda. Namun, bekerja dari rumah juga bukan berarti tanpa jadwal kerja yang jelas.

Tantangan saat bekerja di rumah adalah Anda perlu memiliki jadwal kerja mingguan yang diturunkan menjadi daftar pekerjaan per hari. Ini memudahkan Anda memetakan pekerjaan. Jika tidak, pekerjaan akan menumpuk dan bukan mustahil di akhir pekan Anda justru tetap harus bekerja. Kuncinya, bekerja dari rumah harus well organized , memiliki manajemen waktu yang baik, serta mampu memotivasi diri sendiri.

4. Tetap networking