Find Us On Social Media :

Ngopi Sore Bikin Susah Tidur?

By K. Tatik Wardayati, Senin, 18 November 2013 | 18:30 WIB

Ngopi Sore Bikin Susah Tidur?

Intisari-Online.com – Kabar buruk buat pecandu kafein nih, ngopi di sore hari bikin susah tidur saat malam, demikian hasil penelitian baru.

Penelitian kecil yang dilakukan dengan pil kafein setara dengan dua atau tiga cangkir kopi ini, menemukan bahwa mengonsumsi kafein bahkan enam jam sebelum tidur, secara signifikan merugikan.

Minum secangkir kopi dalam perjalanan pulang dari kerja dapat menyebabkan efek negatif pada tidur sama dengan seseorang yang mengonsumsi kafein dekat dengan waktu tidur,” kata pemimpin penulis Christopher Drake, Henry Ford Sleep Disorders and Research Center in Detroit, dalam Journal of Clinical Sleep Medicine.

Cenderung lebih kecil kemungkinannya mengganggu tidur ketika orang minum kopi siang hari, tambah Drake.

Penelitian ini melibatkan 12 orang sehat yang selalu dapat tidur pada jadwal normal. Setiap peserta, diberikan tiga pil per hari selama empat hari. Pil diminum pada tiga interval sepanjang hari: enam jam sebelum tidur, tiga jam sebelum tidur, dan sesaat sebelum tidur.

Salah satu dari tiga pil tersebut berisi 400 miligram kafein, yang setara dengan dua atau tiga cangkir kopi, sementara dua lainnya adalah plasebo bebas kafein. Satu hari dari empat hari pemakaian, ketiga pilnya benar-benar plasebo.

Hasilnya, tidu peserta terganggu ketika mereka mengonsumsi pil kafein. Termasuk ketika mengasup pil kafein enam jam sebelum tidur, mereka kehilangan lebih dari satu jam tidur pada malam hari.

Tim Drake mengatakan ini adalah penelitian pertama untuk melacak efek dari dosis tertentu kafein yang diambil pada waktu berbeda sebelum tidur. Mereka mengatakan, orang harus mencoba untuk menghindari kafein setelah pukul 5 sore jika ingin mendapatkan kualitas tidur malam yang baik.

“Kebanyakan orang mengalami insomnia setelah minum kopi di malam hari,” kata Dr. Len Horovitz, seorang internis di Lenox Hill Hospital di New York City, yang tidak terkejut atas hasil temuan tadi. Penelitian ini menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein di sore hari dan malam hari pasti memiliki dampak negatif pada kuantitas dan kualitas tidur.

Dr. Steven Feinsilver, direktur Center for Sleep Medicine di Mount Sinai Hospital New York City mengatakan, banyak dari kita tidak menyadari jumlah kafein yang dikonsumsi secara rutin. Kafein memiliki efek yang berlangsung hingga 12 jam.

Orang  yang kurang tidur harus membatasi kafein, terutama setelah tengah hari atau setidaknya delapan jam sebelum tidur. Orang yang minum kopi di pagi hari tampaknya tidak mempengaruhi tidur. Tapi, bagaimanapun, harus tetap membatasi asupan kafein. (health)