Find Us On Social Media :

Tips ‘Ngakali’ Perut Agar Tetap Langsing

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 18 Desember 2013 | 10:00 WIB

Tips ?Ngakali? Perut Agar Tetap Langsing

Intisari-Online.com – Penelitian baru mengatakan usus memiliki jam sirkadian sendiri. Mainkan waktu tersebut untuk menjaga berat badan tetap dan tetap berenergi sepanjang hari.

Perut kita perlu tahu apa itu waktu. Inilah temuan baru dari para peneliti Australia, yang menemukan bahwa usus kita memiliki ritme sirkadian tersendiri, seperti mengatur waktu tidur dan bangun.

Ketika kita makan, perut meregang, yang mengaktifkan saraf di perut. Dan  bagaimana saraf ini merespon tergantung pada waktu hari, kata penulis Amande Page, Ph.D. Pada siang hari, saraf kurang sensitif, sehingga kita bisa makan lebih banyak. “Perut harus jauh lebih penuh sebelum saraf ini mengirimkan sinyal ke otak ketika kita makan,” kata Page. Pada malam hari, sebaliknya, saraf lebih sensitif dan sinyal penuh atau kenyang lebih cepat.

Siapa yang peduli? Berat badan kita. Mengacaukan ritme ini mungkin salah satu alasan mengapa orang-orang yang bekerja shift malam lebih obesitas daripada mereka yang bekerja pada jam normal. Hal ini karena mereka makan lebih banyak pada malam hari dan kurang selama siang hari.

Penelitian ini masih dalam tahap awal, tapi mungkin berarti bahwa kita dapat memaksimalkan waktu asupan makanan untuk mengontrol berat badan. Bagaimanapun, telah ditunjukkan oleh penelitian bahwa ketika dan apa yang kita makan pada waktu tertentu.

Dengan demikian, maka kita pun dapat mengontrol berat badan kita. (menshealth)