Find Us On Social Media :

Jangan Pernah Nomorduakan Kesehatan Makanan Saat Lebaran

By Birgitta Ajeng, Sabtu, 24 Juni 2017 | 11:00 WIB

Jangan Pernah Nomorduakan Kesehatan Makanan Saat Liburan

Intisari-Online.com - Di tengah semarak lebaran, seringkali keamanan pangan dinomorduakan. Padahal hal itu seharusnya tetap menjadi prioritas, karena risiko penyakit dari makanan bisa mengintai kapan saja.

"Keamanan pangan selalu penting, apalagi selama liburan, ketika kegiatan memasak biasanya dilakukan untuk orang banyak," ujar ahli gizi dan asisten profesor kedokteran olahraga di Quinnipiac University, Dana Angelo White.

Angelo White menekankan pentingnya mencuci tangan sebelum memegang makanan apapun. Ini karena cara tersebut adalah penting untuk menghentikan penyebaran mikroba penyebab penyakit.

(Baca juga: Ingin Pindah Kerja Setelah Lebaran? Ini Dia 5 Strategi Pindah Kerja)

"Menggunakan sabun dengan aroma yang menarik mungkin bisa membuat tamu dan anggota keluarga untuk rajin mencuci tangan," sarannya.

Selain itu, yang penting juga adalah keamanan pangan saat menyiapkan makanan. Berikut kiat yang dia berikan.

1. Waspadai kontaminasi silang

Gunakan alas potong yang berbeda untuk daging segar dan makanan laut dengan sayuran-sayuran atau buah. Tujuannya adalah untuk menghindari penyebaran mikroba yang berbahaya. Selain itu, penyimpanannya di dalam lemari pendingin juga perlu dipisahkan agar tidak mengontaminasi makanan lain.

(Baca juga: 15 Foto Bayi Hewan saat Masih Berada di Rahim Ibu Mereka Ini akan Membuat Kita Takjub)

2. Perhatikan waktu dan suhu

Dalam memasak bahan pangan terutama daging dan ayam, waktu dan suhu merupakan hal yang penting. Pasalnya, kedua faktor tersebut adalah penentu penting sudah mati atau tidaknya mikroba pada bahan pangan tersebut.

Dan setelah dihidangkan, sebaiknya jangan biarkan bahan pangan berada lebih dari dua jam sebelum dihabiskan. Angelo White menegaskan, bahan pangan yang tidak habis sebelum dua jam dan berada di suhu ruang sebaiknya dipindahkan ke lemari pendingin atau dipanaskan kembali.