Find Us On Social Media :

Kita Perlu Libur Dari Diet

By Mohamad Takdir, Sabtu, 23 Agustus 2014 | 07:00 WIB

Kita Perlu Libur Dari Diet

Intisari-Online.com - Diet terus menerus bisa membuat bosan. Maka kita perlu untuk libur dari diet. Hal ini disebut sebagai cheating day alias "kesegaran" saat jenuh berdiet sehingga mampu menjaga motivasi.Sebenarnya tidak ada kata susah dalam menjalankan diet. Bila diet sudah menjadi gaya hidup, maka tidak lagi diperlukan satu hari khusus untuk libur dari diet atau disebut juga dengan "cheating day"

(Baca juga: Tidak Diet Malah Bahagia)

Namun pandangan kita perlu libur dari diet ditanggapi berbeda. "Saat berdiet, buat apa membohongi diri sendiri dengan cheating day?" ujar dr.Grace Judio-Kahl saat diwawancarai seusai konferensi pers dalam rangka ulang tahun Klinik lightHOUSE di Jakarta, pada Rabu (20/8/2014).Sejatinya pengertian diet sendiri bukanlah program penurunan berat badan, tetapi pengaturan pola makan yang tepat sehingga tujuan jangka panjang dapat tercapai, yakni hidup lebih sehat. Prinsip penurunan berat badan justru bisa menjadi hambatan karena program dijalankan dengan berat.

(Baca juga: Beragam Program Diet)

Menurut Grace, ketika diet tidak dilakukan dengan cara menyiksa, orang akan menjalaninya dengan senang  sehingga tidak membutuhkan cheating day. Kita perlu libur dari diet? Inti dari diet adalah mengubah mindset seseorang untuk makan lebih sehat. Kita bisa menikmati hidup dengan makan makanan yang mendapat stigma tidak sehat. Dengan catatan, jumlahnya harus sangat dibatasi. (Kompas)