Find Us On Social Media :

Natal, Waktu yang Terbaik Memiliki Momongan?

By Esra Dopita M Sidauruk, Minggu, 22 November 2015 | 17:45 WIB

Natal, Waktu yang Terbaik Memiliki Momongan?

Intisari-Online.com - Bagi Anda pasangan suami istri yang sedang merencanakan atau program mendapatkan momongan. Anda dapat mulai merencanakannya di bulan Desember yang identik dengan Natal. Sebab, menurut penelitian terbaru, Natal merupakan waktu terbaik untuk memiliki anak.  

Para peneliti dari University Indiana meneliti lebih dari 270.000 kehamilan antara 2004 dan 2009 ditemukan bahwa kesempatan tertinggi untuk memiliki bayi yang sehat adalah pada Desember atau Natal dibandingkan dengan bulan lain dalam satu tahun. Bahkan, pera peneliti mengatakan, kehamilan pada musim panas kurang baik jika dibandingkan pada Desember.

Dr Paul Winchester, peneliti dari Indiana University mengatakan, setiap musim memiliki perbedaan terhadap reproduksi. “Valentine adalah salah satu waktu paling sedikit untuk mengandung, namun Natal tampaknya waktu yang sangat positif,” ucap Winchester.

Sedangkan, Winchester menyebut, Juni sebagai bulan beracun. Sebab, secara signifikan kehamilan pada Juni lebih pendek dan bayi menjadi prematur.  “Jika Anda ingin menghindari cacat lahir atau kelahiran prematur maka mungkin untuk menghindari Juni. Penelitian lain menunjukkan bahwa kejadian spina bifida dan puncak kematian bayi mendadak pada Juni,” jelas Wichester.

Namun, penelitian lain yang dipublikasikan oleh Cambridge University menyebut, bayi yang lahir di musim panas kemungkinan besar akan menjadi lebih kuat dan lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena selama musim semi dan panas ibu hamil menyerap lebih banyak vitamin D dari sinar matahari. Seperti diketahui bahwa vitamin D penting untuk menjaga kesehatan tulang dan diduga melindungi terhadap kanker, diabetes tipe 1, dan multiple sclerosis.

Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa sekitar seperempat dari gen musiman dan waktu pembuahan memiliki dampak besar pada kesehatan di kemudian hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak tumbuh lebih cepat di musim semi dan musim panas, dan lebih lambat pada musim gugur dan musim dingin. Nah, Anda dapat mulai merencanakannya untuk mendapat kesempatan memperoleh anak yang sehat. (Independent.ie)