Find Us On Social Media :

7 Tips Meningkatkan Kesuburan pada Wanita

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 19 Desember 2015 | 17:20 WIB

7 Tips Meningkatkan Kesuburan pada Wanita

Intisari-Online.com - Tingkat kesuburan pada wanita akan berpengaruh pada apakah ia akan cepat hamil atau tidak. Semakin subur, maka semakin cepat akan hamil. Bagi yang sedang mengalami masalah kesuburan, mungkin dapat mencoba 7 tips meningkatkan kesuburan pada wanita berikut ini:

1. Berolahraga teratur

Gaya hidup yang membuat seorang wanita lebih aktif, akan membuatnya berpotensi lebih cepat hamil. Dengan berolahraga secara teratur, wanita akan lebih aktif dan ini akan  menjaga otot-otot tubuh.

2. Berat badan yang tepat

Jagalah berat badan, jangan sampai terlalu gemuk atau terlalu kurus. Berat badan yang berlebih atau kurang akan menghambat masa ovulasi yang kemudian menyebabkan masalah hormonal dan menjadi penghalang untuk hamil.

3. Hindari alkohol dan rokok

Wanita yang merokok akan mengalami menopause rata-rata dua tahun lebih awal dari wanita yang tidak merokok. Bagi rokok maupun alkohol adalah racun bagi sistem reproduksi. Merokok juga dapat meningkatkan risiko keguguran dan merusak proses ovulasi.

4. Periksa siklus menstruasi

Dengan memeriksa siklus menstruasi, wanita dapat memastikan kapan waktu yang paling tepat atau waktu tersuburnya untuk mendapatkan kehamilan. Siklus menstruasi rata-rata berlangsung antara 25-35 hari dan wanita akan berada dalam masa subur beberapa hari setelah menstruasinya berhenti.

5. Hindari penggunaan obat rasa sakit dan kafein

Sama seperti rokok dan alkohol, kafein juga dapat mencegah wanita dapat cepat hamil. Satu cangkir kopi sehari saja dapat meningkatkan peluang wanita untuk sulit hamil, karena akan menurunkan aktivitas otot-otot tuba falopi yang membawa telur dari ovarium. Obat penghilang rasa sakit dapat memengaruhi kehamilan juga dikonsumsi saat masa ovulasi.

6. Bebas dari stres