Find Us On Social Media :

Komunikasi dan Seks, Dua Hal yang Membuat Hubungan Awet

By Esra Dopita M Sidauruk, Selasa, 1 Maret 2016 | 17:45 WIB

Komunikasi dan Seks, Dua Hal yang Membuat Hubungan Awet

Intisari-Online.com - Kira-kira hal apa yang membuat suatu hubungan dapat berlangsung lama? Mungkin pertanyaan ini kerap muncul di banyak pikiran orang, terlebih bagi mereka yang jarang memiliki hubungan yang lama atau mereka yang mendambakan suatu hubungan yang awet. Jawabnya, adalah komunikasi dan hubungan seks yang intens dapat membuat hubungan berlangsung lama.

Kedua hal tersebut berdasarkan penelitian, yang diterbitkan dalam The Journal of Sex Research pada 2016, yang melibatkan 40000 pasangan menikah atau “kumpul kebo” mengatakan bahwa komunikasi dan hubungan seks yang intens membuat hubungan dapat berlangsung lama.

Saat ini, kepuasan seksual dinilai pada skala satu hingga tujuh dan dalam enam bulan pertama hubungan. The Wall Street Journal melaporkan, sebanyak 83% responden merasa puas secara seksual pada enam bulan pertama, tapi hal tersebut menurun sekitar setengah persen bagi pasangan suami istri ketika melewati masa itu.

Para peneliti juga mengungkapkan, sebanyak 79% pria dan 81% wanita mengaku puas dengan hubungan seks mereka dan mengatakan melakukan hubungan seksual sekali atau lebih selama seminggu.

David Frederick, penulis utama studi dan asisten profesor di bidang psikologi kesehatan di Chapman University mengatakan, kepuasan seksual atau frekuensi seksual digambarkan sebagai "ayam dan telur". Ada beberapa perbedaan menarik dalam hal gender ketika menyakut pada indikator kepuasan.

Bagi wanita, indikator terkuat, yakni seberapa sering mereka mencapai orgasme, pengaturan mood, dan komunikasi. Dan bagi pria, pengaturan mood, variasi seksual, dan komunikasi.

Meski demikian, komunikasi secara konsisten tetap menjadi faktor yang paling penting dalam hubungan yang kuat dan awet. Sebelumnya pada Februari 2016, Profesor Jacqui Gabb, dosen ilmu sosial dan politik dalam The Independent mengatakan, komunikasi, baik verbal dan non-verbal adalah faktor penting untuk berlangsung sebuah cinta atau hubungan yang lama. (TimesofIndia)