Find Us On Social Media :

Studi: Tidur yang Berkualitas dapat Melindungi Sistem Imun dan Memori

By Esra Dopita M Sidauruk, Kamis, 1 Oktober 2015 | 14:00 WIB

Studi: Tidur yang Berkualitas dapat Melindungi Sistem Imun dan Memori

Intisari-Online.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa tidur malam yang baik dapat membantu melawan pilek.  Tapi bagaimana tidur dapat melindungi kita terhadap penyakit yang tidak jelas? Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Tren Neuroscience mengatakan, tidur yang berkualitas dapat melindungi sistem imun dan memori. Selain itu, dapat menghilangkan bakteri patogen dalam tubuh di kemudian hari. 

Jan Born, peneliti senior di studi itu dan seorang ilmuwan saraf di University of Tubingen, mengungkapkan, tidur diperlukan untuk membentuk memori dalam domain psikologis dan kekebalan tubuh. Para ahli mengatakan, otak mengkodekan ingatan ketika seseorang dalam keadaan tidur. Tidur yang berkualitas dari waktu ke waktu adalah kunci untuk mempertahankan informasi.

Sementara meneliti penelitian yang telah ada, Born melihat bahwa respons imun meningkat ketika orang mendapat jumlah waktu tidur yang berkualitas. Ia mengutip sebuah studi pada 2011, di mana ia berpartisipasi, melihat bagaimana tidur mempengaruhi vaksin.

Para peneliti memberi vaksinasi hepatitis A untuk 27 peserta dan kemudian setengah dari mereka terjaga malam berikutnya. Mereka yang tidak mendapatkan tidur yang berkualitas setelah vaksinasi memiliki antibodi lebih sedikit dalam sistem tubuh mereka sampai setahun kemudian, sehingga membuat mereka kurang mampu melindungi diri.

Born menjelaskan, ketika tidur kita mentransfer informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang. Tidur membantu sistem kekebalan tubuh menyaring informasi yang tidak dibutuhkan dan mengingat informasi inti atau penting, yang memungkinkan sistem kekebalan tubuh untuk mengenali bakteri patogen dan melawan dengan respon imun yang efektif.

“Ketika orang gagal mendapatkan istirahat yang cukup, sistem kekebalan tubuh tidak dapat menyimpan informasi intinya dan berjuang untuk melawan bakteri patogen,” kata Born. (today.com)