Find Us On Social Media :

5 Alasan Mengapa Memaafkan Penting dalam Kehidupan

By Esra Dopita M Sidauruk, Kamis, 22 Oktober 2015 | 15:00 WIB

5 Alasan Mengapa Memaafkan Penting dalam Kehidupan

Intisari-Online.com - Maaf mudah diucapkan, namun sulit dilakukan. Diperlukan kematangan pribadi dan waktu untuk menyembuhkan rasa sakit hati. Memaafkan memang bukan pekerjaan mudah seperti mengembalikan telapak tangan, namun memaafkan adalah kunci yang akan membantu kita untuk membuat kehidupan masa depan menjadi lebih baik. Berikut adalah lima alasan mengapa memaafkan penting dalam kehidupan

1. Baik untuk kesehatan: Memaafkan memang tidak mudah, tetapi memaafkan adalah satu-satunya cara mencapai perdamaian dan membantu kita untuk bekerja lebih baik pada kehidupan di masa depan. Berbagai banyak penelitian telah menunjukkan, memendam rasa sakit hati atau enggan memaafkan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Bahkan, kemampuan memaafkan menjadi prasyarat kesehatan jiwa.

2. Terhindar kecemasan: Menyimpan rasa dendam dapat menimbulkan rasa kecemasan di sepanjang kehidupan. Kamu menjadi begitu sibuk dengan dunia kamu sendiri yang dibangun dengan batu bata keraguan, ketidakbahagiaan, kurangnya kepercayaan, dan banyak kebencian yang membuat kamu menjadi sangat sengsara.

3. Mendapat kebebasan: Cara terbaik untuk memperolah kebebasan adalah dengan memaafkan. Mereka yang merasa tidak bebas adalah mereka yang belum melepas pikiran, kenangan masa lalu, dan memaafkan orang yang telah menyakiti. Sayang sekali jika hidup ini hanya dihabiskan untuk memikirkan masa lalu yang sebetulnya tidak layak untuk dipikirkan. Ada banyak hal indah yang bisa kita alami jika kita bisa memaafkan dan melupakan masa lalu yang tak layak dikenang.

4. Mengendalikan diri sendiri: Mengampuni seseorang dan melepaskan dendam memberi kamu hak untuk mengendalikan hidup kamu sendiri. Sebab, ketika kamu tidak memaafkan, itu berarti kamu memberi orang tersebut untuk mengendalikan hidup kamu. Dengan memaafkan kamu dapat menjalani kehidupan yang harmonis.

5. Move On: Semakin cepat kamu memaafkan seseorang dengan segenap hati dan jiwa, semakin cepat kamu dapat move on. Move on tidak bisa dilakukan, kecuali jika kamu benar-benar memaafkan. Itu lah mengapa move on menjadi salah satu dari lima alasan mengapa memaafkan penting dalam kehidupan. (TimesofIndia)