Find Us On Social Media :

Lima Cara Memerangi Stres Dalam Diri Kita

By Ilham Pradipta M., Rabu, 16 Desember 2015 | 07:00 WIB

Lima Cara Memerangi Stres Dalam Diri Kita

Intisari-Online.com – Stres adalah hambatan umum bagi produktivitas dan kesuksesan karier kita. Itu sebabnya kita perlu mengelola stres secara efektif. Terlebih stres memiliki efek yang sangat negatif bagi kesehatan fisik dan psikologis kita. Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi rasa stres dalam diri kita.

1. Simpan permasalah dalam perspektif yang tepatStres berkembang dari waktu ke waktu. Kita menjadi sangat mudah merasa frustasi dan terkadang membesar-besarkan hal negatif yang ada. Orang-orang yang kuat secara mental tidak membiarkan efek buruk berkembang ketika stres muncul dalam diri mereka. Mereka membingkai ulang pikiran negatif yang ada menjadi sesuatu yang lebih realistis. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga stres mereka dalam perspektif yang tepat.

2. Mereka meyakinkan diri sendiri Kepercayaan dan keyakinan diri merupakan karakter dari orang yang memiliki mental kuat. Hal ini membantu kita untuk melalui rasa stres yang sedang terjadi.

3. Fokus pada apa yang bisa dikontrol Terkadang terdapat hal-hal tertentu yang berada di luar kendali kita. Orang-orang dengan mental yang kuat, mengetahui kapan dan apa yang menjadi tanggung jawab mereka. Jadi kita tidak perlu membuang energi pada hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan.

4.  Mengetahui sumber stres itu munculMengidentifikasi sumber stres merupakan langkang pertama dalam memanajemen stres. Orang-orang dengan mental yang kuat akan menyadari tanda-tanda stres ketika muncul dalam diri mereka. Lalu mereka menyesuaikan kegiatan dan gaya hidup,  sehigga mereka dapat secara efektif memerangi stres.

5. Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang memiliki sikap positifDukungan sosial adalah bagian penting dari menghadapi stres. Jika kita dikelilingi dengan rasa pesimis, kemungkinannya stres dalam diri tidak akan hilang.