Find Us On Social Media :

Inilah Cara Sederhana Untuk Memperoleh Kebahagiaan

By Ilham Pradipta M., Kamis, 17 Desember 2015 | 09:00 WIB

Inilah Cara Sederhana Untuk Memperoleh Kebahagiaan

Intisari-Online.com – Apa yang membuat Anda merasa bahagia? Ternyata terdapat cara sederhana untuk memulai kebahagian di diri kita. Alex Korb, Peneliti dalam ilmu saraf di UCLA, memiiki beberapa saran yang bagus untuk membuat kita merasa lebih bahagia dengan cara yang sederhana.

1. Mendengarkan musik dari hari-hari paling bahagia dalam hidup kita. Musik mempengaruhi otak dengan cara yang menarik. Musik dapat mengingatkan kita tentang tempat dimana kita pernah mendengarkan musik itu sebelumnya. Katakanlah saat kuliah adalah masa dimana kita merasa paling bahagia. Ketika kita mendengarkan musik di masa-masa itu, kita akan kemabali merasa ‘tersambung’ dengan kebahagian di masa lalu.

2. Tersenyum. Otak tidak selalu dapat bekerja dengan cerdas. Terkadang pikiran kita mengelolah informasi dengan acak. Hal itu disebut dengan “biofeedback”. “Biofeedback” merupakan gagasan bahwa otak kita selalu merasakan apa yang sedang terjadi di tubuh. Lalu mengulas informasi tersebut dan memutuskan bagaimana seharusnya kita merasakan tenang segala hal yang sedang terjadi.

Rasa bahagia akan membuat kita terseyum, dan terseyum juga dapat membuat kita merasa bahagia. Bahkan senyuman ‘palsu’ juga dapat membuat kita merasa bahagia. Dari senyuman tersebut, kita mengirimkan sinyal kepada otak bahwa kita sedang merasa bahagia.

3. Memiliki dan memikirkan impian, mengubah cara  kita melihat dunia. Ketika kita merasa stres, pikirkanlah tentang impian jangka panjang yang kita miliki. Hal ini dapat mengontrol otak kita dan melepaskan dopamine. Lalu membuat kita mereasa lebih baik dan termotivasi. Jadi tujuan dan niat yang kita tetapkan, dapat membantu otak untuk melihat dunia dengan cara yang  positif.

4. Dapatkanlah tidur yang baik. Kita perlu mengetahui bahwa depresi dapat mengacaukan tidur kita.Tidur yang buruk juga dapat menyebabkan depresi. Mulailah dengan mendapatkan sinar matahari di tengah hari. Di malam harinya, buatlah kondisi kamar menjadi gelap atau remang-remang. Memiliki tempat yang nyaman dan ‘ritual’ sebelum tidur, dapat membuat otak kita siap untuk tertidur. Selain itu, cobalah untuk tidur pada waktu yang sama tiap harinya.

5. Janganlah suka menunda-nunda sesuatu. Jika kita suka menunda sesuatu maka kita tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk hal lain. Bila itu terjadi, stres kembali muncul di dalam diri kita. Jadi jika kita membangun kebiasaan yang baik dan berhenti menunda sesuatu, hal itu dapat mengurangi stres.(Time.com)