Find Us On Social Media :

Beginilah Cara Menjadi 'Good Listener'

By Esra Dopita M Sidauruk, Jumat, 15 Januari 2016 | 09:30 WIB

Beginilah Cara Menjadi 'Good Listener'

Intisari-Online.com - Banyak orang yang tidak dilahirkan memiliki keterampilan menjadi good listener atau pendengar yang baik. Namun, hal tersebut bukan berarti kamu tidak bisa menjadi pendengar yang baik. Nah, berikut ini adalah cara menjadi good listener

1. Mempertahankan kontak mata: Ketika seseorang berada di depan kamu, maka yang kamu lakukan adalah menjaga kontak mata dengannya. Dengan begitu dapat memberikan kesan bahwa kamu antusias mendengar ceritanya.

2. Jangan mengganggu pembicara: Simpan pertanyaan dan komentar sampai pembicara selesai berbicara dan kamu mampu mencerna kata-katanya.

3. Posisi duduk nyaman: Bergerak gelisah dapat membuat kamu terlihat bosan. Maka, posisikan duduk dengan nyaman.

4. Menganggukan kepala: Hal ini dapat menunjukkan kepada pembicara bahwa kamu mendengarkan informasi yang ia sampaikan.

5. Tunjukan komunikasi non-verbal: Selain menjaga kontak mata, menunjukan komunikasi non-verbal juga sama pentingnya, seperti ekspresi wajah dan postur tubuh untuk mendapatkan inti penuh informasi apa yang pembicara sampaikan.

6. Bersandar kepada pembicara: Hal ini dapat membuat kamu terlihat benar-benar terlibat atau mendengarkan pembicara dengan baik.

7. Ulangi instruksi dan ajukan pertanyaan: Setelah pembicara selesai, ulangi petunjuk  untuk mengkonfirmasi bahwa kamu memahami mereka. Hal ini juga merupakan waktu yang baik untuk mengajukan pertanyaan jika kamu memiliki pertanyaan.

Nah, itu dia cara menjadi good listener. Ayo jadi pendengar yang baik! (About.com)