Find Us On Social Media :

Studi: Rasa Bosan dapat Memicu Kreativitas dan Inovasi

By Esra Dopita M Sidauruk, Jumat, 22 Januari 2016 | 07:00 WIB

Studi: Rasa Bosan dapat Memicu Kreativitas dan Inovasi

Intisari-Online.com - Meski sering dikaitkan dengan emosi negatif, namun ternyata kebosanan dapat menginspirasi seseorang untuk lebih kreatif dan lebih dermawan. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Jurnal Experimental Social Psychology menemukan, rasa bosan dapat memicu kreativitas dan inovasi

Peneliti mengambil dua kelompok mahasiswa, di mana mereka telah diinduksi dengan keadaan bosan dan yang lain tidak. Kemudian memberi mereka dua tes kreativitas. Peneliti menemukan bahwa orang-orang bosan jauh lebih kreatif dibandingkan dengan kelompok yang tidak mengizinkan pikiran mereka mengembara.

Kebosanan juga mengilhami kita untuk membantu banyak orang. Seperti penelitian yang diungkapkan oleh University of Limerick di Irlandia, menemukan, mereka yang bosan lebih mungkin untuk terlibat dalam perilaku "prososial" dibandingkan dengan mereka yang disibukkan dengan sebuah tugas.

Hal ini juga dapat diartikan membantu diri sendiri. Dalam penelitian tersebut, Wijnand van Tilburg, Ph.D, seorang psikolog sosial, mengatakan, seseorang harus berpikir mengenai apa yang penting untuk dirinya dan apa yang benar-benar ingin dilakukan.

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika rasa bosa datang? Jika kita melihatnya sebagai masalah yang perlu diperbaiki atau dihindari dengan segala cara, kita mungkin lebih cenderung melakukan hal-hal merugikan kesejahteraan kita. Namun jika kita melihatnya sebagai hal positif, maka kebosanan dapat menjadi alat untuk meningkatkan kreativitas dan mendorong kita mendapatkan keuntungan. (Shape.com)