Find Us On Social Media :

Studi: Orang dengan Kecemasan Tinggi Memiliki IQ Lebih Tinggi

By Esra Dopita M Sidauruk, Sabtu, 23 Januari 2016 | 08:00 WIB

Studi: Orang dengan Kecemasan Tinggi Memiliki IQ Lebih Tinggi

Intisari-Online.com - Kecemasan merupakan emosi normal yang dimiliki oleh setiap orang. Namun, ada beberapa orang yang memiliki tingkat kecemasan yang berlebihan atau lebih tinggi dibandingkan yang lain, sehingga terkadang kecemasan berubah menjadi tidak normal. Akan tetapi, sejumlah penelitian menyebut, orang dengan tingkat kecemasan lebih tinggi memiliki IQ lebih tinggi, kecerdasan verbal lebih tinggi, sentinel (penjagaan) lebih tinggi, dan kecerdasan sosial.

Biasanya, kecemasan muncul ketika orang menghadapi suatu peristiwa dalam waktu dekat atau sesuatu yang tidak pasti. Ekstremnya, kecemasan bisa datang dalam beberapa jenis gangguan, yang meliputi rasa panik, kecemasan sosial, atau phobia secara spesifik.

Berdasarkan penelitian dari Universitas Lakehead mengatakan, adanya hubungan mendasar antara kecemasan dan tes kecerdasan verbal. Para peneliti menemukan, hubungan positif antara kecerdasan verbal dan gangguan kecemasan umum, di mana dalam penelitian ditemukan bahwa mereka yang memiliki kecemasan yang tinggi mendapatkan nilai lebih tinggi dalam tes dibandingkan dengan kecemasan pada umumnya.

Penelitian lain yang dilakukan oleh SUNY Downstate Medical Centre di New York mengungkapkan, mereka yang memiliki tingkat kecemasan lebih tinggi, biasanya memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan mereka dengan kecemasan normal. Penelitian yang diterbitkan Frontiers di Evolutionary Neuroscience, menunjukkan, kekhawatiran yang dikembangkan sebagai sifat menguntungkan dapat menjamin kelangsungan hidup manusia.

Selain itu, peneltian yang diterbitkan dalam Jurnal European of Social Psychology menemukan, individu dengan kecemasan lebih tinggi memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi. Hal ini menandakan mereka mampu mendeteksi ancaman dan menyampaikan pesan peringatan lebih cepat tanpa penundaan kepada orang lain.(nextshark.com)