Find Us On Social Media :

Inilah 6 Cara Alami untuk Mengatasi Kecemasan

By Ilham Pradipta M., Senin, 15 Februari 2016 | 13:30 WIB

Inilah 6 Cara Alami untuk Mengatasi Kecemasan

Intisari-Online.com – Kecemasan menyentuh hampir setiap orang dalam beberapa cara. Sayangnya banyak orang sampai saat ini tidak dapat mengatasinya dengan baik. Padahal terdapat cara alami untuk ‘mengobati’ kecemasan. Tapi perlu diingat cara ini tidak dapat dilakukan dengan instan. Terutama jika berhadapan dengan kecemasan yang berlebih. Jadi mulailah melakukannya secara bertahap. Berikut cara alami tersebut:

1.Meyebar minyak (aromaterapi). Aromaterapi seperti essential oil dapat membuat kita menjadi lebih relaks. Contohnya seperti lavender, eucalyptus, jasmine, dan ylang ylang. Mereka memiliki sifat yang menenangkan untuk pikiran kita. Dengan menyebarkan oromaterapi ini pada kamar atau ruang kerja, kita dapat meminimalkan terjadinya serangan kecemasan.

2. Makan makanan yang tepat. Serangan kecemasan juga dapat diatasi melalui makanan. Folat, B12, magnesium, dan omega 3 dikenal dapat mengurangi kecemasan dan stres. Ketika kita menghadapi suatu situasi yang dapat memicu kecemasan, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat-zat di atas. Contohnya salmon.

3.  Yoga dan meditasi. Memang terdengar klise. Tapi yoga dan meditasi sebenarnya dapat membantu fisik dan mental kita menjadi lebih prima. Pikiran pun dapat menjadi lebih tenang. Cobalah untuk mengikuti kelas yoga, ketika kita harus melewati hari-hari yang sulit dan memicu kecemasan.

4. Belari dan latihan. Bagi kita yang tidak menyukai yoga, mungkin bisa mencoba untuk berlari. Lari pada pagi hari di bawah sinar matahari, dapat melepaskan edorfin (hormon yang memicu rasa bahagia). Cobalah untuk fokus ketika berlari atau latihan lainnya. Hal itu akan membuat otak ‘sibuk’ mengontrol pergerakan yang terjadi. Dampaknya, otak kita tidak lagi memikirkan hal-hal yang dapat memicu kecemasan dan stres.

5. Tidur yang cukup. Ini merupakan cara termudah yang dapat kita lakukan. Dan tampaknya sudah jelas. Kurang tidur dapat menambahkan masalah lain. Ujung-ujungnya rasa cemas yang akan timbul. Dengan tidur yang cukup, apalagi disertai dengan essential oil di dalam kamar, akan memberikan manfaat dalam waktu singkat.

6. Lavender. Khasiat lavender salah satunya dapat menenangkan pikiran kita. Lavender yang digunakan bisa beruapa essential oil atau berupa kapsul. Selain itu ada juga madu serta teh yang dicampur dengan lavender, suja's lavenade, dan vanilla lavender lemonade.