Find Us On Social Media :

Ini Dia, Cara Sederhana untuk Bahagia

By Ilham Pradipta M., Senin, 21 Maret 2016 | 13:30 WIB

Ini Dia, Cara Sederhana untuk Bahagia

Intisari-Online.com – Merasa bahagia tentu menjadi impian semua orang. Sebenarnya bahagia dapat kita raih dengan berbagai hal yang mudah. Ilmu pengetahuan juga membuktikan kalau kita memiliki kuasa untuk mengubah pandangan hidup kita. Lalu bagaimana cara agar kita merasa bahagia?

1.OlahragaDengan olahraga dan latihan tubuh akan mengeluarkan edorfin (hormon yang memicu rasa bahagia). Hal ini akan mencipakan perasaan bahagia dan memerangi mood yang buruk. Penelitian juga menujukkan kalau olahraga dapat meringankan gejala depresi. Contohnya saja seperti berjalan cepat selama 20-30 menit.

2. Konsumsi sayuran hijauSayuran berdaun hijau dan gelap seperti bayam dan kale kaya akan folat. Unsur hara ini dikaitkan dengan penurunan pada suasana hati yang negatif, seperti depresi. Sayuran ini menghasilkan dopamin yang memicu rasa nyaman pada otak. Studi menemukan orang setengah baya yang mengonsumsi folat, memiliki risiko yang lebih rendah pada gejala depresi.

3. Terapi perilaku kognitifTerapi ini terbukti dapat mengurangi dan mengobati depresi dan gangguan kecemasan. Ia juga dapat membantu kita yang ingin mengetahui cara memerangi pikiran negatif. Terapi perilaku kognitif membantu pasien mengenali pola pikir negatif, dan mengubahnya menjadi positif. Walhasil, mereka akan merasa lebih bahagia, sehat, dan memiliki suasana hati yang baik.

4. Merawat bungaStudi dari Harvard menemukan, menjaga bunga-bunga segar di rumah dapat mengusir rasa cemas dan suasana hati yang negatif.  Orang-orang dalam studi juga merasa lebih berbelas kasih kepada orang lain ketika melakukan hal tersebut. Mereka juga memiliki dorongan energi dan antusiasme di tempat kerja.

5. TersenyumTersenyum merupakan reaksi terhadap perasaan bahagia. Tindakan sederhana seperti tersenyu, bahkan senyuman yang dipaksakan, bisa membantu kit untuk mengaktifkan pusat kebahagian di otak.

6. Membuka jendelaKetika kita tidak memiliki akses ke sebuah alat penerangan, tindakan sederhana adalah membuka jendela. Membiarkan sinar Matahari masuk dapat mencerahkan suasana hati kita. Ketika bekerja, berada di ruang tamu, atau kamar tidur, kita akan merasa lebih bahagia ketika merasakan sinar Matahari.

(Alison Mango/Health.com)