Find Us On Social Media :

Lima Tips Agar Tetap Aktif Bersama Keluarga

By Ilham Pradipta M., Senin, 4 Januari 2016 | 13:00 WIB

Lima Tips Agar Tetap Aktif Bersama Keluarga

Intisari-Online.com - Bagi kita yang memiliki anak, tentu saja kita ingin memastikan agar mereka tumbuh bugar dan sehat. Masalahnya, terkadang kita sulit untuk ‘menyulap waktu’ kerja, keluarga, dan aktivitas fisik.

Penelitian menyebutkan bahwa orangtua yang aktif secara fisik, meningkatkan kemungkinan untuk anak mereka turut aktif. Apakah Anda sedang mencari cara untuk melibatkan anak Anda? Berikut tips agar tetap aktif bersama keluarga:

1. Rencanakan kegiatan outdoor. Cobalah untuk menyisihkan satu hari di akhir pekan. Kita bisa melakukan sesuatu yang aktif sebagai sebuah keluarga. Seperti berenang, hiking, atau bersepeda. Selain itu, melakukan piknik dengan beberapa makanan ringan yang menyehatkan, akan membantu kita melawati hari tanpa keluhan.

2. Mengambil kelas/kursus bersama. Kita bisa menanyakan di klub kebugaran atau pusat komunitas, mengenai kelas yoga atau aerobik untuk orangtua dan anak-anak. Jika anak kita terlalu kecil untuk berpatisipasi, kita bisa meletakannya di stroller dan mengajaknya bermain selama latihan.

3. Mengatur ruang keluarga. Seringnya, ruang keluarga dijadikan pusat untuk bermalas-malasan. Sofa yang nyaman, konsol permainan video, rak yang penuh dengan DVD, dan hal lainnya yang membuat kita menjadi minim beraktivitas fisik. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi hal ini. Kita juga tidak perlu untuk merombak seluruhnya, atau membawa peralatan olahraga ke ruang kelaurga. Cukup tetapkan batas waktu untuk menonton dan bermain. Hal ini  penting untuk menjaga seluruh anggota keluarga agar tetap bergerak.

4. Membuat pekerjaan rumah jadi menyenangkan. Tidak seharusnya setiap anggota keluarga melakukan tugasnya sendiri dan terpisah. Jadikanlah pekerjaan rumah menjadi sebuah hiburan dan permainan bersama-sama. Seperti perlombaan untuk melihat siapa yang paling cepat dalam membersihkan rumah. Atau menyuruh anak kita bermain musik ketika kita mencuci.

5. Membuat rencana makan. Keluarga yang mengonsumsi makanan sehat cenderung memiliki kebiasaan yang menyehatkan. Seperti, aktivitas fisik secara teratur. Ajaklah anak-anak kita untuk ikut saat berbelanja. Biarkan dia memilih buah kesukaannya. Kita juga bisa mengajak mereka untuk terlibat dalam menyiapkan bahan makanan. Dengan cara ini, mungkin mereka akan lebih menikmati makanan tersebut.

(Health.com)