Find Us On Social Media :

6 Cara Membuat Ruang Kerja Lebih Menyehatkan

By Ilham Pradipta M., Selasa, 5 Januari 2016 | 14:30 WIB

6 Cara Membuat Ruang Kerja Lebih Menyehatkan

Intisari-Online.com - Banyak pekerjaan yang dapat membuat kita merasa stres. Selain itu terdapat beberapa perilaku dan kebiasaan yang tidak sehat yang sering kita lakukan. Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak dapat mengubah kebiasaan buruk tersebut. Masih banyak cara untuk membuat tempat kerja kita menjadi jadi lebih nyaman dan sehat. Berikut ini merupakan cara untuk mengubah ruang kantor menjadi lebih sehat:

1.Ingatkan diri kita untuk mengurangi duduk. Orang-orang yang bekerja di meja perlu berdiri atau berjalan setidaknya dua jam sehari. Hal ini untuk menghindari risiko kesehatan yang berhubungan dengan terlalu banyak duduk. Menurut Robert Graham, MD, director of integrative health and wellness, Northwell Health System, di Great Neck, NY, bergerak sepanjang hari kerja sangat penting. Ini tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja, tapi dapat meningkatkan produktivitas kita.

2. Hirup udara segar. Terkadang lingkungan kantor dapat memicu alergi. Seperti debu atau bahan kimia di karepet, mebel kantor, atau cat dinding yang dapat membuat sakit kepala atau ruam. Selain itu, mungkin ada kantor yang diselimuti udara pengap. Oleh karena itu, kita bisa mencoba untuk mendapatkan udara segera memalaui jendela yang selalu terbuka.

3. Cobalah meja dengan posisi berdiri. Kita dapat mencoba meja dengan posisi berdiri untuk mengurangi durasi duduk sepanjang hari. Hal itu akan membuat kita tetap bergerak selama di kantor. Pastikan juga untuk menjaga monitor komputer sejajar dengan mata, dan lengan membungkuk 90 derajat untuk menyentuh keyboard. Kondisi ini bertujuan untuk menghidari rasa sakit yang sering terjadi di bagian leher dan lengan.

4. Cat dengan warna hijau pada dinding ruang kantor. Nuansa hijau telah dikaitkan dengan peningkatan pemikiran kreatif. Menurut seorang psikolog, Sally Augustin, PhD, warna yang tidak membuat jenuh tetapi relatif cerah, akan membuat kita merasa lebih santai.  Keadaan mental untuk menghadapi pekerjaan juga menjadi lebih baik.

5. Letakkan tanaman di ruang kantor. Membawa nuansa nature di ruang kerja dapat mengilhami kreativitas dan membuat suasana terasa lebih sehat. Kita tidak perlu meletakkan tanaman dengan ukuran besar. Cukup dengan tanaman yang relatif kecil dan taruhlah di pojok ruang kerja kita. Pilihlah tanaman hijau yang berdaun. Jangan memilih kaktus yang dapat membalikkan suasana nyaman dan santai. Atau memilih bunga dengan aroma yang mengganggu dan menjengkelkan. Pilihlah tanaman seperti sansevieria yang dapat meningkatkan kualitas udara di kantor kita.

6. Dekor ruang kerja dengan beberapa barang pribadi. Menampilkan barang-barang pribadi seperti pada meja kerja kita, dapat menambah rasa nyaman dan mengurangi stres. Kita dapat memilih foto keluarga atau foto penghargaan. Pastikan foto tersebut dapat kita lihat dengan jelas.

(Health.com)