Find Us On Social Media :

Empat Cara Sederhana untuk Mengusir Flu

By Ilham Pradipta M., Rabu, 13 Januari 2016 | 07:00 WIB

Empat Cara Sederhana untuk Mengusir Flu

Intisari-Online.com – Flu akan menjadi penyakit yang umum ditemui ketika musim hujan tiba, seperti saat ini. Tanda-tanda yang akan muncul biasanya tenggorokan terasa gatal, bersin terlalu banyak, hingga timbulnya rasa sakit di kepala.

Lalu apa yang seharusnya kita lakukan untuk mengatasi penyakit ini? Berikut empat metode sederhana untuk mengusir flu yang sangat mengganggu aktivitas kita.

1.Pop zinc. Kita dapat mencari obat/permen pelega tenggorokan yang mengandung zinc acetate atau zinc gluconate. Menurut Lisa Cuchara, PhD, profesor ilmu biomedis pada Universitas Quinnipiac di Hamden, Conn, obat atau permen itu dapat kita minum setiap beberapa jam sampai gejala berakhir.

2. Sup Ayam. Hal ini bukan merupakan sebuah mitos saja. Sebuah studi dari Universitas Nebraska juga mengungkapkan, ternyata sup ayam dapat meringangkan gejala flu.

3. Mengonsumsi vitamin C. Vitamin C mungkin tidak akan mencegah flu. Tapi dari 29 percobaan menemukan bahwa, mengonsumsi vitamin C setiap hari saat gejala flu mulai timbul, dapat mengurangi delapan persen risiko berkembangnya penyakit tersebut.  Bila ingin mencobanya, kita perlu mengonsumsi sekitar 1 gram (1.000 mg) vitamin C per hari.

4. Perbanyaklah waktu tidur. Ketika tidur sistem kekebalan tubuh kita melepaskan protein yang disebut cytokines. Cytokines berguna untuk memerangi infeksi. Dengan tidur yang cukup secara konsisten juga akan membantu kita mencegah flu untuk kedepannya.

(health.com)