Find Us On Social Media :

Ini Dia, Empat Cara Sederhana untuk Meminimalkan Kanker Payudara

By Ilham Pradipta M., Kamis, 4 Februari 2016 | 12:00 WIB

Ini Dia, Empat Cara Sederhana untuk Meminimalkan Kanker Payudara

Intisari-Online.com – Mungkin kita tahu kalau kanker payudara menyerang secara perlahan. Prosesnya terjadi bertahun-tahun. Sangat mungkin proses awalnya terjadi jauh sebelum korban berusia 50-an tahun. Lalu apa yang perlu kita lakukan? Berikut ini adalah cara sederhana untuk meminimalkan terserang kanker payudara:

1.Batasi alkohol. Untuk meminimalkan terserang kanker payudara, sebaiknya kita membatasi konsumsi alkohol. Kita bisa mulai dengan membatasi konsumsi alkohol perminggu. Minumlah dengan jumlah yang sedikit. Dengan begitu, risiko kanker payudara dapat diminimalkan. Kebanyakan dokter merekomendasikan untuk memotong konsumsi wine, beer, dan hard liquor. Sebuah studi baru menujukkan, hubungan antara minum alkohol dan kaker payudara sebesar 70 persen.

2. Olahraga rutin. Cara lain dapat ditempuh dengan olahraga. Setidaknya kita perlu berolahraga tiga kali seminggu, untuk menjaga tubuh dari terserang kanker payudara. Lebih sering, lebih baik. Lakukanlah olahraga yang dapat memacu detak jantung, minimal 20 menit. Gampangnya, kita dapat memilih jenis olahraga seperti berjalan kaki. Diharapkan olahraga tersebut mengeluarkan keringat.

3. Menjaga berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas (terutama pada menopause), meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Menurut studi di University of Texas M.D. Anderson Cancer Center di Houston, wanita yang obesitas lebih rentan terserang kanker payudara dan penyakit agresif lainnya, daripada wanita dengan badan normal.

4. Uji kesehatan secara teratur. Melalui konsultasi dan tes medis yang teratur, kita bisa memperoleh instruksi dan saran yang tepat dari dokter. Dengan begini, kita dapat mengetahui lebih cepat bila kanker payudara mulai tumbuh dalam tubuh. Seperti munculnya benjolan di sekitar payudara. Caranya kita bisa melakukan pemeriksaaa mammogram Ini merupakan ide yang baik untuk mengikuti perubahan dalam tubuh kita.