Find Us On Social Media :

Depresi pada Orangtua Pengaruhi Performa Anak di Sekolah

By Ilham Pradipta M., Jumat, 5 Februari 2016 | 14:30 WIB

Depresi pada Orangtua Pengaruhi Performa Anak di Sekolah

Intisari-Online.com – Apakah Anda mengalami depresi? Jika iya, Anda perlu berhati-hati. Ternyata hal itu dapat mempengaruhi anak kita. Sebuah penelitian di Swedia menunjukkan  bahwa depresi pada orangtua mempengaruhi performa anak di sekolah.

Menurut Brian Lee, dari Drexel University School of Public Health di Philadelphia, studi ini menemukan hubungan negatif yang signifikan, antara orangtua dan performa anak di sekolah. Ia mengatakan kalau kesehatan mental juga dapat mempengaruhi orang lain. Jadi para orangtua, juga dapat membuat anak-anak mereka menjadi rentan.

Studi sebelumnya menemukan, anak-anak yang memiliki orangtua dengan depresi, cenderung memiliki masalah pada perkembangan otaknya. Tak hanya itu saja, perilaku dan emosi, serta masalah kejiwaan anak juga dapat menjadi bermasalah.

Secara keseluruhan, ketika orangtua didiagnosis dengan depresi, anak-anak juga dapat menderita. Penelitian lebih lanjut juga mengatakan, seorang ibu yang depresi lebih dapat mempengaruhi anak perempuannya, dari pada anak laki-laki. Menurut lee memang banyak faktor yang dapat membuat anak bermasalah di sekolah.Tapi faktor terbesarnya adalah orangtua yang depresi, ekonomi keluarga, dan pendidikan orangtua. Faktor itu menurut Lee  menentukan keberhasilan anak disekolah.

Menurut Weissman dari New York State Psychiatric Institute, hal-hal di atas dapat diatasi dengan memberikan pengobatan pada sang ibu. Pengobatan itu bisa melalui psychotherapy atau dengan obat-obatan. Ia juga mengatakan, bahwa hal itu  dapat memberikan mafaat baik bagi anak. Pada akhirnya pengobatan itu  memberikan efek, seperti mengurangi masalah pada anak-anak. “Oleh karena itu Anda harus mengobati orangtuanya,” kata Weissman.