Find Us On Social Media :

Studi: Membacakan Buku Dapat Meningkatkan Perkembangan Otak Balita

By Ilham Pradipta M., Kamis, 18 Februari 2016 | 07:00 WIB

Studi: Membacakan Buku Dapat Meningkatkan Perkembangan Otak Balita

Intisari-Online.com – Apa Anda suka membacakan buku untuk sang buah hati? Jika iya, aktivitas itu sangat besar manfaatnya bagi anak kita. Membacakan anak sebuah buku dapat meningkatkan perkembangan dan kinerja otaknya.

Sebuah studi menunjukkan, anak yang terbiasa mendegarkan orang tuanya bercerita melalui buku, memiliki perkembangan jaringan otak yang lebih awal. Menurut Tzipi Horowitz-Kraus, program director pada Reading and Literacy Discovery Center di Cincinnati Children's Hospital, perkembagan neuron (sel pengantar impuls dalam sistem saraf) juga dapat tumbuh dan menguntungkan anak dalam membaca di masa depan. Hal itu juga terjadi jika anak kita dikenalkan dengan kebiasaan membaca. Sebaliknya, anak yang tidak dikenalkan dengan kebiasaan membaca, perkembangan jaringannya akan berlangsung lebih lambat. The American Academy of Pediatrics merekomendasikan, sebaiknya orangtua sudah mulai membacakan buku pada anaknya sejak mereka lahir.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti mengamati perubahan aktivitas otak pada anak di usia 3 sampai 5 tahun. Penelitian ini meneliti saat orangtua mereka membacakan buku melalui scan otak yang disebut  functional magnetic resonance imaging (fMRI). Setelah penelitian itu terlihat bahwa, daerah di bagian kiri otak anak menjadi lebih aktif, ketika mereka mendengarkan orangtuanya bercerita. Area ini terlibat dalam memahami arti dari kata-kata, konsep, dan memori. Peneliti juga mengatakan, wilayah otak ini juga menjadi lebih aktif ketika anak-anak membaca atau bercerita.

Menurut Horowitz-Kraus, studi ini menunjukkan perkembangan di daerah itu dimulai pada usia yang amat muda. Aktivitas otak di wilayah itu juga lebih tinggi pada anak yang orangtuanya suka membacakan buku. Horowitz-Kraus juga mengatakan, semakin banyak kita membaca untuk anak, neuron di otak akan tumbuh dengan baik.

Sebelum penelitian ini, ada juga penelitian yang menunjukkan kalau anak-anak akan memiliki kemampuan yang lebih baik pada berbagai macam hal, bila dikenalkan buku di usia dini. Menurut Dr. Barry Zuckerman, profesor pediatrics di Boston University School of Medicine, anak-anak itu akan memiliki kosakata dan kemampuan mengenal huruf yang baik. Selain itu, mereka juga dapat memusatkan perhatian dan berkonsentrasi dengan baik. Bahkan, lebih siap untuk pergi ke taman kanak-kanak. (cnn.com)