Find Us On Social Media :

Ini Dia, Enam Cara Alami Meningkatkan Sistem Imun

By Ilham Pradipta M., Kamis, 25 Februari 2016 | 13:00 WIB

Ini Dia, Enam Cara Alami Meningkatkan Sistem Imun

Intisari-Online.com – Biasanya mudah bagi kita terserang flu pada musim hujan seperti saat ini. Jika Anda takut penyakit ini akan menyerang, cobalah untuk meningkatkan sistem imun Anda. Tapi bagaimana caranya? Berikut enam cara alami meningkatkan sistem imun:

1. Tidur cukup dan teraturJangan tergoda untuk menonton acara favorit kita saat malam tiba. Jangan pula ‘tenggelam’ bersama smartphone  di atas tempat tidur. Penelitian menunjukkan, begadang dapat mendatangkan malapetaka pada sistem kekebalan tubuh kita. Kita mungkin akan mudah untuk terjangkit virus. Bahkan membuatnya lebih sulit untuk melawannya. Cobalah untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malamnya.

2. Konsumsi lebih bawang putihMemang, memakan bawang putih tidak memberikan manfaat bagi kesegaran napas kita. Tapi mengonsumsi bawang putih secara teratur, dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan kita. Menurut University of Maryland Medical Center,  bawang putih bermanfaat untuk   meningkatkan kekebalan tubuh hingga membantu mencegah penyakit jantung.

3. Minum lemon, madu, jahe dan kunyit dengan air hangatBanyak orang yang meyakini cara ini dapat meredakan pilek. Dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, madu mengandung antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh kita. Jahe juga memiliki sifat antivirus dan dapat digunakan untuk mengobati mual dan mabuk.Sedangkan jus lemon kaya akan vitamin C. Menurut Mayo Clinic minuman ini dapat digunakan untuk mencegah flu. Terakhir, studi menujukkan curcumin, komponen dalam rempah-rempah yang biasa kita sebut kunyit, dapat mengatur sistem kekebalan tubuh kita.

4. Sup ayamMenurut University of Nebraska Medical Center, ternyata hidangan ini benar-benar memiliki sifat antiinflamasi yang ringan. Bahan-bahan dalam sup (ketika dibuat dengan ayam, bawang, kentang manis, lobak, wortel, seledri, garam, dan merica) dapat memperlambat migrasi sel darah putih ke dalam saluran pernapasan bagian atas.Hal ini akan membantu meredakan gejala flu. Terlebih lagi, senyawa yang ditemukan dalam sup dan dada ayam dapat membantu mencegah pilek.

5. OlahragaKita tidak perlu menjadi seseorang yang fanatik pada kebugaran untuk meningkatkan sistem imun.  Hanya dengan rutin berjalan atau mengikuti kelas yoga beberapa kali seminggu, akan menjaga kesehatan fisik dan membantu meningkatkan sistem imun. Sitem kekebalan tubuh kita pun akan menjadi lebih prima karenanya.

6. Tea timeMenyeruput teh pada pagi hari bukan hanya sebuah ritual yang menyenangkan. Sebuah studi tahun 2003 mengungkapkan, secara alami alkylamines yang terkandung dalam teh dapat memperkuat sistem imun kita. Ia juga akan membantu melawan infeksi. (Carla Herreria/Huffingtonpost.com)