Find Us On Social Media :

Pencernaan Sehat, Bekal Tumbuh Kembang Anak

By Esra Dopita M Sidauruk, Selasa, 1 Maret 2016 | 08:00 WIB

Pencernaan Sehat, Bekal Tumbuh Kembang Anak

Intisari-Online.com - Selain nutrisi, pertumbuhan dan perkembangan anak juga sangat dipengaruhi oleh organ pencernaan, salah satunya memastikan saluran pencernaan anak dalam kondisi sehat dan baik. Sebab, pencernaan sehat merupakan bekal tumbuh kembang anak. Dengan kata lain, kesehatan saluran cerna dapat membantu anak bergerak aktif di masa pertumbuhannya.

Maka itu, diperlukan asupan makanan bergizi yang berfungsi menyehatkan saluran cerna. Dokter gizi FKUI, Dr Saptawati Bardosono, MSc mengatakan, salah satu cara menjaga kesehatan saluran cerna anak adalah dengan memberikan makanan kaya prebiotik seperti buah pisang. Prebiotik diperlukan agar bakteri baik, yakni probiotik tetap hidup dalam saluran pencernaan. “Buah pisang dipercaya dapat membuat bakteri itu tetap hidup, sehingga pencernaan tetap baik dan anak tetap sehat,” ucap dokter yang akrab disapa Tati ini dalam acara media talkshow bertema “Kebahagiaan Keluarga, Penentu Karakter dan Tumbuh Kembang Anak”, yang diadakan oleh Nestle Indonesia beberapa waktu lalu.

Dengan aktif secara fisik, maka juga akan mendukung tumbuh kembang otak anak. Tati menambahkan, asupan nutrisi pada anak-anak harus lengkap dan seimbang dengan meliputi berbagai sumber makanan, seperti karbohidrat, lemak, protein, hingga vitamin, dan mineral.

Selain itu, pemberian susu juga diperlukan dalam masa tumbuh kembang anak. Namun, Tati mengingatkan bahwa susu hanya sebagai pelengkap bukan sumber utama makanan bagi anak. Maka itu, orangtua harus memperhatikan waktu pemberian susu kepada anak, yang sebaiknya diberikan setelah makan atau satu jam sebelum makan agar tidak mengganggu pola makan anak.

“Sumbernya tidak hanya susu saja. Semuanya harus seimbang dan lengkap," ucap Tati.