Find Us On Social Media :

Virus Zika Menular Melalui Hubungan Seksual?

By Esra Dopita M Sidauruk, Minggu, 6 Maret 2016 | 13:00 WIB

Virus Zika Menular Melalui Hubungan Seksual?

Intisari-Online.com - Virus Zika sudah dikenal sejak 1947. Namun, belakangan dibicarakan kembali terkait kasus mikrosefali, yang banyak menimpa ribuan bayi di Brasil. Kemudian, berhembus kabar bahwa Zika dapat menular melalui hubungan seksual. Lantas,  benarkah virus Zika dapat menular melalui hubungan seksual?

Umumnya, virus Zika menyebar melalui nyamuk Aedes aegypti. Namun, sebuah laporan pada 2008 mengungkapkan, virus Zika dapat menular melalui hubungan seksual. Seperti dikutip dalam laman Nytimes.com pada Januari 2016, kasus tersebut menimpa Dr Brian D Foy, biolog dari Colorado State University, AS, yang meneliti soal penyakit malaria dengan mengumpulkan nyamuk di sebuah pedesaaan di Senegal, Afrika Barat.

Ketika itu, Foy bersama mahasiswa pasca-sarjana, Kevin C Kobylinski berkali-kali mengalami gigitan nyamuk. Seminggu kemudian, keduanya kembali ke Colarado. Ketika tiba di Colarado, keduanya mengalami jatuh sakit dengan gejala ruam, kelehan, dan sakit kepala. Gejala khas yang ditimbulkan dari beberapa penyakit yang dibawa oleh nyamuk.

Beberapa hari kemudian, istrinya Joy L Chilson Foy, juga mengalami sakit dengan gejala yang sama dialami suaminya. Namun, gejalanya yang dialami Joy jauh lebih berat dibandingkan suaminya.

Yang menjadi pertanyaan  besar adalah bagaimana Joy telah terinfeksi? Padahal, Joy tidak ikut ke Senegal dan di Colorado tidak ditemukan nyamuk yang menularkan virus Zika. Bahkan, keempat anak mereka tidak ada yang tertular virus tersebut. Dugaan kuat adalah Joy tertular melalui hubungan seksual dengan suaminya.

Meski Joy L Chilson Foy disinyalir kuat telah terjangkit virus Zika, yang ditularkan oleh suaminya melalui hubungan seksual. Namun penyebaran virus Zika melalui hubungan seksual masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

“Saat ini kami lebih peduli pada nyamuk sebagai vektor transmisi virus tersebut,” ucap Dr Marcio Nehab, dokter spesialis anak dan spesialis menular di Fiocruz, sebuah lembaga penelitian di Rio de Janeiro, Brasil.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana penyebaran virus Zika melalui hubungan seksual lebih dalam dapat membaca artikel lengkapnya “Virus Zika Menular Melalui Hubungan Seksual?” dalam Majalah Intisari edisi Maret 2016.