Find Us On Social Media :

Ini Dia, Lima Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala

By Ilham Pradipta M., Senin, 14 Maret 2016 | 10:30 WIB

Ini Dia, Lima Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala

Intisari-Online.com – Sakit kepala memang amat mengganggu. Apalagi bila kita tidak mengetahui penyebabnya. Upaya untuk menyembuhkannya pun akan semakin sulit.Tapi sebenarnya terdapat beberapa untuk mengatasinya. Berikut ini adalah lima cara untuk mengatasi sakit kepala:

1. AkupunturDalam akupuntur, jarum tipis yang dimasukkan di bawah kulit bertujuan untuk menyetel kembali aliran energi. Para ahli mengatakan kalau akupuntur dapat membantu mencegah migrain akut. Selain itu, akupuntur juga dipercaya memilikki efek samping yang sedikit dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan. Terdapat bukti yang menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu orang dengan sakit kepala kronis jenis ketegangan.

2. PemijatanDalam penelitian kecil, orang yang menderita migrain ketika dipijat  merasa lebih baik kondisinya dan tidur dengan nyenyak. “Kita akan merasa lebih baik untuk sementara. Tapi hal itu akan berlajut, lagi dan lagi,” ujar Salwa H. Hanna, pemilik dan direktur medis di Headache Clinic of Denver. Pijatan itu dapat dilakukan pada bagian leher, punggung, kepala, hingga bahu.

3. PereganganCara ini bisa dibilang cukup mudah. Hanya dengan peregangan kita dapat menghilangkan rasa sakit di kepala. Peregangan menghilangkan sakit kepada dengan cara mengurangi ketegangan otot yang memberikan kontribusi terhadap nyeri. Cobalah untuk melakukan peregangan dua kali sehari selama 20 menit per sesi. Sebaiknya fokuskan daerah bahu ke atas ketika melakukan peregangan.

4. AerobikMenurut National Pain Foundation, rutin melakukan latihan aerobik seperti berjalan cepat, bersepeda, atau berenang, dapat mengurangi intensitas dan frekuensi migrain. Dalam sebuah studi kecil, orang yang menderita migrain yang jarang melakukan erobik, mengalami perubahan setelah melakukan 12 minggu pada program aerobik (bersepeda di indoor). Peserta mengalami peningkatan kualitas hidup dan mengurangi jumlah migrain mereka. Selain itu, intensitas rasa sakit pun juga ikut berkurang.

5. MeditasiBerbagai teknik meditasi dapat digunakan untuk memusatkan perhatian dan menenangkan pikiran, dari gangguan seperti sakit kronis. Pada titik ini, ada sedikit efek meditasi pada migrain. Suatu studi menemukan, meditasi spiritual dapat mengurangi frekuensi sakit kepala dan nyeri pada bagian kepala. Teknik meditasi India kuno seperti vipassana, menurut para ahli dapat mengurangi frekuensi migrain dan tingkat keparahannya.

(Karen Pallarito/Health.com)