Find Us On Social Media :

Kurangi Waktu Nonton TV, Salah Satu Cara Mudah Menjaga Kesehatan untuk Keluarga Kita

By Ilham Pradipta M., Selasa, 5 April 2016 | 10:30 WIB

Kurangi Waktu Nonton TV, Salah Satu Cara Mudah Menjaga Kesehatan untuk Keluarga Kita

Intisari-Online.com – Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat. Beragam cara kita tempuh untuk mewujudkannya. Tentunya melalui gaya hidup sehat. Contohnya seperti olahraga teratur, diet, hingga mengonsumsi makanan bergizi. Tapi bagaimana caranya untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga dengan mudah? Berikut tipsnya:

1.Menu makanan baruBagi kita yang sudah bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja, mungkin bisa mencoba menu baru. Cobalah untuk membuat menu baru, terutama pada buah dan sayuran yang akan dikonsumsi. Tahukan Anda? Kalau hanya empat persen saja orang di Amerika Serikat yang mengonsumsi sayuran dari porsi yang disarankan.Sebenarnya, kita bisa membuat resep sehat meliputi sayur dan buah-buahan. Dengan begitu kita bisa mengubah makan malam menjadi kegiatan yang menyenangkan. Apalagi, bila seluruh anggota keluarga dalam kegiatan memasak.

2. Mengonsumsi gula lebih sedikitKita semua tentu tahu kalau gula berlebih dapat menyebabkan beragam penyakit, seperi diabetes. Jadi, saatnya untuk kembali membaca label makanan dan minuman yang akan kita beli. Tujuan tentu untuk mengetahui jumlah gula yang terkandung di dalamnya. Studi telah berulang kali menunjukkan bahwa gula memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan metabolik.Sebenarnya terdapat cara mudah untuk mengurangi konsumsi gula. Salah satunya dengan mengurangi konsumsi minum-minuman manis. Selain itu, cobalah untuk menghilangkan pemanis buatan pada makanan dan minuman yang akan kita minum.

3. Kurangi waktu menonton TVDengan mengurangi waktu menonton, tentu kita dan anggota keluarga akan lebih cepat tidur ketika malam hari. Sebenarnya bukan hanya TV. Kita juga bisa mengurangi aktivitas yang berhubungan dengan tablet, telepon, hingga hal lainnya. Untuk hasil yang optimal, sebaiknya jangan meletakkan TV di ruang makan. Ini akan menghemat waktu makan yag berharga dengan anggota keluarga.

4. Waktu untuk keluargaApa itu lima menit atau lebih lama, dengan menyingkirkan segala gangguan dan fokus satu sama lain, akan membuat kegiatan bersama keluarga menjadi lebih berharga. Habiskan waktu bersama keluarga untuk berbicara, mendengarkan, tertawa, membaca, atau bermain game.

 (usnews.com/Sara Lappe)