Find Us On Social Media :

Begini Cara Cuci Tangan yang Benar Menurut WHO

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 20 April 2016 | 14:20 WIB

Begini Cara Cuci Tangan yang Benar Menurut WHO

Intisari-Online.com - Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti di Glasgow Caledonian University, mengungkapkan, metode cuci tangan yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) jauh lebih baik dibandingkan dengan profesional metode yang direkomendasikan oleh America's Centers Pengendalian Penyakit & Pencegahan (CDC). 

Penelitian tersebut mengamati 42 dokter dan 78 perawat pada rumah sakit pendidikan perawatan akut. Kemudian, memantau bagaimana mereka menggunakan antiseptik berbasis alkohol untuk membersihkan tangan mereka.

Hasil penelitian menemukan, teknik cuci tangan enam langkah dari WHO lebih baik dari metode tiga langkah CDC, yang mana dapat mengurangi jumlah bakteri median 3,28-2,58 dibandingkan dengan metode tiga langkah, yakni 3,08-2,88.

Selain itu, metode enam langkah 25% lebih tahan lama terhadap kuman, yakni 42,5 detik dibandingkan metode lain, yakni 35 detik.

Di bawah ini adalah metode cuci tangan menggunakan antiseptic alkohol, yang dianjurkan oleh WHO.

 

Jacqui Reilly, pemimpin penelitian, mengatakan, kebersihan tangan dianggap sebagai intervensi yang paling penting untuk mengurangi infeksi yang berkaitan dengan kesehatan.

“Studi ini memberikan dasar untuk praktik terbaik yang efektif untuk melaksanakan kesehatan,” ucap Reilly seperti dikutip dalam jurnal Infection Control & Hospital Epidemiology. (independent.ie)