Find Us On Social Media :

7 Cara Mengetahui Kondisi Fisik Melalui Denyut Jantung (1)

By Esra Dopita M Sidauruk, Kamis, 21 April 2016 | 10:30 WIB

7 Cara Mengetahui Kondisi Fisik Melalui Denyut Jantung (1)

Intisari-Online.com - Sebagai organ yang sangat vital, tentu kemampuan kerja jantung sangat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, untuk mengetahui kondisi fisik, apakah sehat atau tidak dapat diketahui melalui denyut jantung. Seperti diketahui, pada orang dewasa, jumlah detak jantung dalam keadaan normal, yakni sekitar 60- 100 per menit. Nah, berikut ini adalah tujuh cara mengetahui kondisi fisik melalui denyut jantung:

1. Sedang stres

Dalam keadaan stres, denyut jantung dan tekanan darah menjadi meningkat. Bahkan, jika stres mencapai hingga tingkat kronik, maka Anda perlu untuk berhati-hati. Sebab, menurut Pam R. Taub, MD, seorang ahli jantung dan profesor bersertifikat kedokteran di University of California, San Diego, hal itu dapat membuat kesempatan Anda mengalami serangan jantung dan stroke lebih besar.

2. Mengidap diabetes

Belum diketahui dengan jelas, apakah denyut jantung yang tinggi menyebabkan diabetes atau justru diabetes yang menyebabkan denyut jantung tinggi. Namun, studi terbaru menunjukkan bahwa keduanya saling terkait. Taub mengatakan, sering kali orang-orang yang menderita diabetes kurang aktif, sehingga lebih mungkin untuk memiliki penyakit koroner dan tekanan darah tinggi, yang mana mempunyai hubungan dengan jantung.

3. Adanya sistem listrik dalam jantung

Seperti diketahui, jantung memiliki sistem jaringan listrik sendiri (konduksi), yang sinyalnya dapat membantu detak jantung apakah benar, lambat, atau mengalami suatu kelainan. Mereka yang mengalami masalah listrik ini mungkin merasa pusing. Demi mendeteksinya, Anda perlu ke dokter untuk mengetahui kerusakan dengan pemeriksaan EKG sederhana.(prevention.com