Find Us On Social Media :

Inilah 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Kurang Tidur (2)

By Okke Nuraini Oscar, Minggu, 1 Mei 2016 | 12:00 WIB

Inilah 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Kurang Tidur (2)

 Intisari-Online.com - Kurang tidur nyatanya hanya akan membuat produktivitas kinerja kita berkurang karena harus mengorbankan jam tidur. Berikut adalah lima hal yang terjadi jika kita kekurangan waktu untuk tidur.

4. Tidak fokus.

Kemampuan kita untuk fokus sepanjang hari sangat tergantung pada waktu tidur di malam hari. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal Trends in Neurology menemukan bahwa tidur dan fokus  mengatur satu sama lain seperti yin dan yang, karena keduanya berasal dari fungsi otak umum yang memungkinkan kita untuk selektif memproses informasi.

"Tidur dan fokus tampak seperti keadaan otak yang berlawanan, tetapi keduanya benar-benar dapat timbul dari mekanisme yang sama," menurut Leonie Kirszenblat, seorang peneliti neuroscience di University of Queensland dan penulis utama penelitian tersebut, seperti yang dilansir dalam Huffington Post.

5. Kurang tidur menghambat kreativitas dan inovasi.

Menemukan inspirasi dan ide-ide baru bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan ketika Anda dalam keadaaan lelah. Kurang tidur menurunkan aktivitas di area korteks prefrontal otak, daerah yang bertanggung jawab untuk berpikir, pengendalian diri, dan kreativitas.

Jika kita tidak tidur, kita kehilangan waktu untuk berpikir kreatif. Sementara dalam keadaan tidur, otak sedang bekerja membuat koneksi antara korteks prefrontal otak  dan pikiran yang terkait dengan memori.

Sebuah penelitian pada 2007 di University of California Berkeley, menunjukkan tidur memicu menimbulkan ide-ide baru  setelah bangun. Sebanyak 33 persen orang  lebih mungkin untuk membuat ide baru setelah bangun.

(Carolyn Gregoire/ Huffington Post)