Find Us On Social Media :

Finger Talk Kafe, Memesan Makanan dengan Bahasa Jari

By Esra Dopita M Sidauruk, Selasa, 24 Mei 2016 | 16:45 WIB

Finger Talk Kafe, Memesan Makanan dengan Bahasa Jari

Intisari-Online.com - Berbeda dengan kafe lainnya yang riuh, di kafe ini pengunjung dan pelayan bertransaksi menggunakan bahasa isyarat. Begitu ketika memesan makanan dengan bahasa jari. Inilah kafe dengan pekerja tunarungu pertama di Indonesia.

Begitu masuk ke Finger Talk Kafe dan duduk di salah satu meja yang ada, kita tak hanya disodori buku menu seperti kafe-kafe lainnya. Ada buku tambahan yang mmeberi jawaban mengapa kafe ini diberi nama Finger Talk. Jari bicara. Ya, buku penyerta menu itu berupa panduan bahasa isyarat menggunakan jari.

Semua karyawan di kafe ini memang penyandang tunarungu. Mulai dari pelayan, juru masak, hingga kasir. Jadi, utntuk memesan menu di kafe yang berlokasi di Pamulang, Tangerang selatan ini menggunakan bahasa isyarat melalui jari. Jika susah, ya menggunakan catatan.

Intisari pun berkesempatan untuk mencoba memesan makanan menggunakan jari tangan. Rasa canggung dan bingung sempat muncul ketika mencoba. Ternyata susah juga. Beberapa kali kami mengalami miss komunikasi. Intisari tidak lihai “berbicara” menggunakan jari.  

Akhirnya, sambil tersenyum sang pelayan memberikan selembar kertas dan pulpen meminta untuk menuliskan pesanan yang diinginkan. Sebuah intro yang memebekas sebelum menyantap menu pesanan.

Anda dapat membaca artikel lengkap mengenai “Finger Talk Kafe, Memesan Makanan Dengan Bahasa Jari” dalam Majalah Intisari edisi Mei 2016. Jangan sampai kehabisan ya.