Penulis
Artikel ini tentang bagaimana cara yang dapat dilakukan guru untuk mengetahui capaian pembelajaran masing-masing siswa dalam menerapkan pendekatan TaRL. Semoga bermanfaat.
---
Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini
---
Intisari-Online.com -Kali ini kita akan membahas tentang Teaching at the Right Level (TaRL), sebuah pendekatan pengajaran yang berfokus pada kemampuan dan capaian peserta didik, bukan pada tingkatan kelas.
Lalu bagaimana cara yang dapat dilakukan guru untuk mengetahui capaian pembelajaran masing-masing siswa dalam menerapkan pendekatan TaRL?
Sebelum menjawab pertanyaan di atas, lebih baik kita tahu dulu apa itu TaRL.
Secara garis besar TaRL adalahpendekatan belajar yang lebih berfokus pada tingkat kemampuan peserta didik alih-alih tingkatan kelasnya. Pendekatan ini diharapkan bisa membantu para guru merancang pembelajaran sesuai tahap pencapaian setiap peserta didik. Terlebih dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan literasi.
Ada beberapa cara penerapan TaRL di dalam kelas.
1. Asesmen
Pada tahap ini, guru melakukan asesmen untuk mengenali potensi, karakteristik, kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Dari hasil asesmen tersebut, peserta didik kemudian akan dikelompokan berdasarkan level tingkat capaian dan kemampuan yang serupa.
2. Perencanaan
Setelah asesmen, guru akan diberi keleluasan dalam merancang berbagai aktivitas pembelajaran dengan menggunakan berbagai perangkat ajar, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan level tingkat capaian dan kemampuan peserta didik tidak hanya melihat usia dan tingkatan kelasnya.
3. Pembelajaran
Setelah merancang, guru harus memperhatikan kemajuan level tingkat capaian dan kemampuan dasar peserta didik dengan melakukan asesmen secara berkala yang dapat dilakukan dengan berbagai aktivitas.
Menurut bukuPendampingan Berkelanjutan Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru, capaian pembelajaran merupakan satu alternatif dalam mendeskripsikan kompetensi yang digunakan untuk mengukur pencapaian siswa.
Dengan TaRL guru diharapkan mempunyai cara pandang bahwa setiap murid atau peserta didik punyapendekatan dan kesiapan belajar yang berbeda. Walaupun di kelas yang levelnya sama, murid satu dengan murid yang lain tentu berbeda dalam banyak hal. Mulai dari daya serap, keterampilan, dan kecenderungannya terhadap mata pelajaran.
Dalam satu kelas yang sama tiap murid juga memiliki proses berpikir dan persepsi yang berbeda terhadap materi yang disampaikan, stabilitas emosi, dan langkah-langkah pembelajaran yang mungkin berbeda. Karena itulah TaRL penting bagi setiap guru untuk bisa memahami karakter masing-masing muridnya.
Itulah artikel tentang bagaimana cara yang dapat dilakukan guru untuk mengetahui capaian pembelajaran masing-masing siswa dalam menerapkan pendekatan TaRL? Semoga bermanfaat.