Penulis
Cosmetic Day 2024 punya misi mulia yaitu mewujudkan industrik kosmetik lokal berdaya saing global. Trennya juga semakin naik.
---
Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini
---
Intisari-Online.com -Saat ini pasar kosmetik Indonesia tengah berada dalam fase ekspansif. Ini terlihat dari data total pendapatan Industri Kosmetik dalam kurun waktu 2021-2024 yang diperkirakan mengalami total kenaikan 48 persen: dari 1,31 miliar dolar AS (sekitar Rp21,45 triliun) pada 2021 menjadi 1,94 miliar dolar AS (sekitar Rp31,77 triliun) pada 2024 (Statista.com).
Selain punya potensi pasar yang besar, industri kosmetik Indonesia juga menjadi salah satu sektor industri yang banyak digeluti oleh pelaku Industri dalam negeri.
Menurut data Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (PERKOSMI) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), pelaku kosmetik di Indonesia meningkat dari 819 pelaku usaha pada 2021 menjadi 1039 pada akhir 2023.
Data PERKOSMI juga menunjukkan, 89 persen dari pelaku usaha kosmetika di Indonesia merupakan pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM). Itu artinya, IKM kosmetik turut berperan penting dalam penyediaan lapangan pekerjaan.
Pertumbuhan sektor industri kosmetik ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2028. Dalam kurun 2024-2028, diperkirakan akan mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 5,35 persen pertahun.
Menurut Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Reni Yanita dalam acara Kick Off Kompetisi Startup Kosmetik 2024 pada Selasa, 30 Juli 2024, lalu, agar bisa bersaing di pasar kosmetik saat ini para pelaku usaha kosmetik, khususnya yang berskala IKM, memahami perubahan preferensi konsumen. Mereka juga harus menyesuaikan produk dan menyiapkan strategi pemasaran yang bisa diterima oleh pasar.
Ditjen IKMA—sebagai wadah para pelaku IKM kosmetik Indonesia untuk memamerkan produk, memperluas pasar, dan berjejaring dengan sesama pelaku IKM kosmetik maupun stakeholder terkait—sendiri sejak 2019 sudah rutin mengadakan Cosmetic Day.
Acara Cosmetic Day biasanya akan menghadirkan berbagai kegiatan mulai dari temu bisnis, talkshow, workshop, dan tentunya pameran IKM kosmetik binaan Ditjen IKMA.
Untuk penyelenggaraan Cosmetic Day 2024, dengan tema “Yang Lokal Semakin Fenomenal”, Ditjen IKMA kembali bekerja sama dengan Stylo Indonesia selaku media digital fashion, beauty, dan lifestyle Indonesia. Acara digelar di Gedung Kementerian Perindustrian RI pada Selasa-Jumat, 29 Oktober-1 November 2024.
"Tahun ini merupakan tahun ke-6 Cosmetic Day. Tahun ini terasa berbeda karena untuk pertama kalinya Cosmetic Day digelar di Gedung Kementerian Perindustrian,” ungkap Reni. “Kami berharap Cosmetic Day bisa memberikan pencerahan dan edukasi bagi masyarakat soal kosmetik yang halal dan aman, bukan hanya untuk kaum perempuan tapi juga kaum pria.”
Pembukaan Cosmetic Day 2024 dihadiri oleh Wakil Menteri Perindustrian RI Faisol Riza, berlangsung di Selasar Garuda, Lantai 2 Gedung Kementerian Perindustrian.
Tak lupa, Faisol memberikan apresiasi untuk Badan POM yang selalu memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana memilih kosmetik yang halal dan aman.
"Di tengah gempuran impor kita masih dikaruniai bahan baku yang luar biasa dari alam kita untuk bahan obat dan kosmetik lokal. Sekarang ini juga kinerja ekspor sudah sangat meningkat dan membanggakan,” katanya. “Banyak produk kosmetik, daun sirih, dan parfum yang tercatat laris di pasar luar dan jadi tulang punggung ekspor kita," katanya.
Seperti disebut di awal, Cosmetic Day 2024 juga menghadirkan berbagai acara lain seperti talkshow, demo, dan workshop kosmetik. Ada juga entertainment music performance. Kegiatan ini terbuka untuk umum sehingga masyarakat bisa datang dan ikut serta.
Talkshow sendiri melibatkan pakar dari instansi dan asosiasi terkait seperti Badan POM, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), PERKOSMI, serta Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika (PPAK).
Topiknya juga relevan dengan kondisi perkembangan industri kosmetik di Indonesia kiwari. Meliputi strategi agar usaha kecil dan menengah naik kelas, potensi kosmetik halal di pasar global, persaingan harga dalam industri kosmetik, hingga kisah sukses IKM kosmetik yang bermitra dengan industri besar.
Ada juga talkshow dan workshop kosmetik dari Mustika Ratu dan Paragon Corp dan Venus by Kimia Farma. Juga kehadiran para Puteri Indonesia dan beberapa artis seperti Donna Agnesia sebagai Founder DO.Skin dan Melanie Putria sebagai muse dari AYOM Skincare.
Creative Director Cosmetic Day 2024 yang juga founder dan Head of Stylo Indonesia, Idho Nugroho, mengatakan, ada yang berbeda pada rangkaian acara Cosmetic Day 2024 ini.
"Selain talkshow kecantikan dan demo makeup, kami menghadirkan dua konten spesial yang perdana ada di panggung Cosmetic Day tahun ini yaitu workshop kreasi membuat lip-gloss bersama Mustika Ratu serta workshop personal color analysis bersama Wardah yang bisa diikuti dan diaplikasikan langsung oleh audiens dalam memilih warna busana dan makeup yang tepat sesuai kebutuhan warna kulit," ujarnya.
Jangan lupa, pengunjung juga bisa bisa melihat dan berbelanja di 40 booth IKM kosmetik, kombinasi dari binaan Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian, Badan POM, BPJPH, serta asosiasi PPAK dan Perkosmi.
Pelaku IKM kosmetik juga bisa melakukan konsultasi di booth instansi dan asosiasi terkait berbagai fasilitas yang bisa diikuti untuk meningkatkan daya saing IKM kosmetik. Di antaranya fasilitas kemitraan hingga pendampingan sertifikasi cara pembuatan kosmetik yang baik, izin edar, dan produk halal.
Penyelenggaraan Cosmetic Day 2024 oleh Kementerian Perindustrian dan Stylo Indonesia ini didukung sepenuhnya oleh BPOM, BPJPH, Mustika Ratu, Yayasan Puteri Indonesia, Paragon Technology & Innovation, Wardah, PPAK, dan PERKOSMI.
Acara tersebut juga bekerja sama dengan Kimia Farma, DO.Skin, AYOM Skincare, Universitas Negeri Jakarta, Kahf, dan Wardah sebagai partner official makeup & hair-do. Informasi lengkap mengenai Cosmetic Day 2024 dan rangkaian acaranya bisa didapatkan di Instagram @cosmeticday2024 dan @stylo.indonesia.