Find Us On Social Media :

Tiga 'Jimat' Ajaib Pengubah Dunia, Dari Silikon hingga Serat Karbon

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 12 Oktober 2024 | 14:06 WIB

Titanium, silikon, hingga serat karbon benar-benar mengubah kehidupan di dunia. Termasuk dalam bidang olahraga.

Bahan alam titanium, serat karbon, dan silikon merupakan tiga bahan "ajaib" yang mampu membawa kemajuan pesat di berbagai bidang kehidupan. Dunia olahraga, kedirgantaraan, dan ruang angkasa serta bidang-bidang lain kini tergantung pada bahan-bahan spektakuler itu.

Artikel ini pertama tayang di Majalah Intisari pada Oktober 1994

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Agustus 1991 jutaan pemirsa di seluruh dunia, "tertahan" di depan TV menyaksikan tayangan final lari 100 m putra pada Kejuaraan Dunia Atletik ketiga di Tokyo, Jepang. Di ujung lintasan pada blok start tampak Carl Lewis dan Leroy Burrell. Begitu terdengar bunyi pistol, kumpulan pelari itu berpacu kencang bak peluru.

Sembilan koma delapan puluh enam detik kemudian Lewis sudah menyentuh ujung lintasan yang lain dan menggondol emas disusul Burrell dengan perbedaan waktu yang amat tipis.

Kemenangan Lewis barangkali merupakan hasil latihan yang tak kenal lelah. Namun bisa jadi keberhasilannya dibantu oleh sepasang sepatu seberat 115 g (kira-kira sama dengan berat setengah cangkir gula pasir), sementara Burrell yang dipecundangi dibebani sepatu seberat 130 g.

Apakah cuma gara-gara perbedaan berat sepatu saja, Lewis akhirnya unggul? Siapa pun boleh saja berdebat, namun dalam persaingan kelas dunia yang amat ketat, keuntungan sekecil apa pun bisa berbuntut pada keunggulan akhir.

Lepas dari siapa juaranya, sepatu lari itu bisa begitu ringan, antara lain berkat paku-paku di bagian sol sepatunya terbuat dari titanium. Bukan besi. Bahan logam alam yang berwarna abu-abu perak ini dikenal punya sifat ringan namun kuat.

Ternyata bila dilacak lebih jauh, kemajuan di berbagai cabang olahraga - yang terukur maupun tidak terukur - tak bisa dilepaskan dari 3 bahan alam yakni titanium, serat karbon, dan silikon. Namun ketiga bahan "ajaib" ini juga memberi sumbangan yang besar bagi kemajuan di bidang lain seperti kedirgantaraan dan ruang angkasa.

Lebih kuat daripada baja