Find Us On Social Media :

Sering Diidentikkan dengan Prasejarah, Apa yang Dimaksud dengan Praaksara?

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 9 Oktober 2024 | 08:51 WIB

Itulah artikel tentang apa yang dimaksud dengan praaksara. Sudah tahu perbedaannya dengan prasejarah? Semoga bermanfaat.

Inilah artikel tentang apa yang dimaksud dengan praaksara. Sudah tahu perbedaannya dengan prasejarah? Semoga bermanfaat.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Dalam pembabagan sejarah, sering kali istilah praaksara diidentikkan dengan prasejarah. Lho, memangnya keduanya berbeda ya? Lalu apa yang dimaksud dengan praaksara?

Praaksara berasal dari dua kata, pra yang berarti sebelum dan aksara yang artinya tulisan. Jadi, masa praaksara adalah periode kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. Masa praaksara disebut juga zaman nirleka.

Istilah nirleka berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu nir yang berarti tidak dan leka yang artinya aksara atau tulisan. Tulisan menjadi penentu masa praaksara. Zaman praaksara ditandai dengan tidak adanya bukti-bukti atau keterangan tertulis tentang berbagai peristiwa di masa itu.

Baca Juga: Bagaimanakah Tahap-tahap Kehidupan Manusia pada Masa Praaksara?

Masa praaksara berlangsung sejak manusia ada dan belum mengenal tulisan dan berakhir ketika manusia mulai menggunakan tulisan. Berakhirnya masa praaksara setiap bangsa tidak sama.

Misalnya bangsa Mesir Kuno telah mengenal aksara pada sekitar 3000 SM, sedangkan bangsa Indonesia meninggalkan masa praaksara pada abad ke-4, dibuktikan dengan temuan Prasasti Yupa peninggalan Kerajaan Kutai.

Sementara itu, istilah prasejarah berasal dari dua gabungan kata, pra dan sejarah. Sejarah sebagai peristiwa berkaitan dengan aktivitas kehidupan manusia dalam kerangka lingkungannya pada masa lampau. Dengan demikian, arti kata prasejarah adalah periode sebelum ada sejarah atau sebelum ada aktivitas kehidupan manusia.

Menurut penelitian para ahli, manusia muncul di zaman Kuarter, atau sekitar 2,58 juta tahun lalu. Sehingga, masa prasejarah berlangsung sejak adanya kehidupan di bumi dan berakhir ketika manusia purba muncul pada zaman Kuarter.