Find Us On Social Media :

Pasukan Khas, Kekhasannya Tak Hanya pada Baret Jingganya, Seleksinya Superberat

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 3 Oktober 2024 | 11:51 WIB

Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU tidak hanya baret jingganya yang istimewa. Ada tugas-tugas penting lain yang tak kalah istimewa.

Tanggal 5 Oktober 2024 adalah HUT TNI ke-79, 12 hari kemudian, tepatnya 17 Oktober 2024 adalah HUT Pakshas. Kali ini kita akan membahas tentang pasukan khusus milik TNI-AU itu. Mantan wartawan Intisari I Gede Agung Yudana dan G. Sujayanto mempersembahkannya untuk Anda.

Artikel ini pertama tayang di Majalah Intisari pada Oktober 1992

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - "Karmanye Vadikaraste Mafalesu Kadacana". Artinya, kerjakanlah tugasmu dengan penuh rasa tanggung jawab tanpa menghitung untung-rugi, tanpa mempertanyakan risiko yang bakal terjadi.

Motto berbahasa Sansekerta ini tersurat pada emblem bergambarkan garuda terbang membawa senjata pamungkas trisula dan cakra yang tersemat di baret jingga. Di zaman seperti sekarang ini sungguh berat mewujudkan semboyan ini.

Direnungkan saja sudah bikin merinding. Tugas yang dimaksud belum jelas. Risikonya pun masih tanda tanya. Namun, ternyata masih ada di antara putra-putra bangsa yang menjunjung tinggi semangat semboyan tsb.

Mereka melakukan itu tanpa mempertanyakan tugas yang bakal mereka emban, meskipun tugas tsb. sebenarnya tercermin pada badge sebagai "pasangan" emblem tadi. Badge tsb. tertempel di lengan kiri pakaian seragam mereka. Wujudnya, perisai merah dengan tepi berwarna putih dan di tengahnya bergambarkan payung udara, senapan bersangkur, dan meriam.

Maknanya, pemakai seragam loreng dengan badge tadi, dipercaya sebagai perisai negara yang bertanggung jawab dan tidak kenal menyerah. Mereka berani membela kejujuran, kebenaran, dan keadilan; bertakwa; yakin akan kemampuannya dalam menjalankan tugas.

Merekalah Pasukan Khas TNI-AU, yang kedudukannya sejajar dengan Kopassus TNI-AD dan Marinir TNI-AL.

Baret jingga dengan seragam loreng dan sepatu lars jadi ciri khasnya. Kekhasan mereka juga terletak pada tugas membentuk dan merebut pangkalan udara untuk dijadikan pangkalan operasi, mengoperasikan, mengamankan, serta mempertahankannya. Ada pula yang bertindak sebagai tim SAR.