Find Us On Social Media :

Mengungkap Sehelai Batik, dari Mana Sebenarnya Asal-usulnya?

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 2 Oktober 2024 | 13:52 WIB

Sosok Iwan Tirta menjadi salah satu yang harus dibahas jika berbicara tentang batik Indonesia. Di tangannya, batik menjadi lebih berkelas.

[ARSIP HAI]

Asal-usulnya tidak jelas, jejaknya ada di beberapa bagian dunia. Namun hanya di Nusantara batik berkembang. Bahkan pendatang asing pun sempat terkesima. Sekarang, orang pun semakin terpesona dengan batik khas Indonesia.

Pertama tayang di Majalah HAI pada Agustus 1992

---

Intisari hadir di WhatsApp Channe, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Sampai sekarang para ahli tidak bisa menentukan asal-usul batik. Seni menghias kain dengan malam ini diperkirakan sempat menyebar ke seluruh dunia.

Ini terbukti dengan adanya peninggalan-peninggalan yang terdapat di Cina, Jepang, India, Thailand, Turkistan, Eropa bahkan Afrika. Tapi yang jelas, hanya di Indonesia - tepatnya di pulau Jawa dan Sumatera - batik ini berkembang.

PENGARUH PENDATANG

Batik asal Jawa sendiri baru terungkap pada awal abad ke-16 ketika kapal bangsa Eropa untuk pertama kalinya bersandar di pelabuhan Nusantara. Sejak itu kain batik menjadi salah satu komoditi yang diperdagangkan selain rempah-rempah, keramik, teh dan kopi.

Kayanya Indonesia akan rempah-rempah dan hasil bumi menarik banyak orang asing untuk berlomba-lomba datang ke kepulauan Nusantara ini.

Ada yang cuma singgah sebentar tapi ada pula yang menetap sampai puluhan tahun, bahkan ratusan tahun. Sudah tentu para pendatang tersebut menyesuaikan diri dengan penduduk setempat yang secara langsung mempengaruhi perkembangan teknik batik.