Find Us On Social Media :

Seperti Apa Bentuk Demokrasi yang Dilaksanakan di Indonesia?

By Afif Khoirul M, Jumat, 27 September 2024 | 15:15 WIB

Ilustrasi Pancasila. Pelajari lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan demokrasi Pancasila dan bagaimana sistem ini diterapkan di Indonesia.

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-online.com - Di bawah naungan langit zamrud khatulistiwa, di tengah rimba raya dan samudra biru, terhampar sebuah negeri bernama Indonesia.

Negeri yang dianugerahi kekayaan alam melimpah ruah, juga keragaman budaya yang memukau dunia. Namun, di balik keindahannya, Indonesia menyimpan kisah panjang tentang perjuangan mewujudkan demokrasi.

Sebuah perjalanan yang tak selalu mulus, namun penuh makna dan harapan.

Demokrasi, dari bahasa Yunani demos (rakyat) dan kratos (kekuasaan), berarti kekuasaan berada di tangan rakyat.

Konsep ini telah mengakar dalam sejarah peradaban manusia, namun implementasinya selalu menghadapi tantangan.

Di Indonesia, demokrasi menjadi cita-cita yang diperjuangkan sejak masa penjajahan. Para pahlawan bangsa berjuang dengan gigih untuk merebut kemerdekaan, agar rakyat Indonesia dapat menentukan nasibnya sendiri.

Awal Mula Demokrasi di Indonesia

Setelah Proklamasi Kemerdekaan pada tahun 1945, Indonesia mengadopsi sistem demokrasi parlementer. Namun, perjalanan demokrasi di masa awal kemerdekaan tidaklah mudah.

Ketidakstabilan politik, pemberontakan, dan konflik internal menghambat perkembangan demokrasi. Pada tahun 1959, Presiden Soekarno membubarkan parlemen dan menerapkan Demokrasi Terpimpin.

Sistem ini memberikan kekuasaan besar kepada presiden, namun membatasi partisipasi rakyat.