Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Mengaplikasikan Konsep Gotong Royong dalam Kehidupan Sehari-hari?

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 20 September 2024 | 13:36 WIB

Artikel ini tentang bagaimana cara mengaplikasikan konsep gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Artikel ini tentang bagaimana cara mengaplikasikan konsep gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channe, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Jangan sampai gotong royong sekadar jargon belaka tanpa ada aksi nyata dalam bermasyarakat. Lalu bagaimana cara mengaplikasikan konsep gotong royong dalam kehidupan sehari-hari?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, alangkah baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa itu konsep gotong royong--yang disebut-sebut sebagai salah satu ciri masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Menjalin Bhinneka dalam Gotong Royong, Nilai Pancasila yang Abadi

Mengutip situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, istilah gotong royong mengacu pada bekerja sama untuk mencapai hasil yang diinginkan. Perilaku gotong royong dapat menyelesaikan pekerjaan dan dinikmati hasilnya bersama-sama secara asil.

Gotong royong sendiri sebagai solidaritas sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, khususnya mereka yang terbentuk dari komunitas. 

Manfaat gotong royong

Menurut buku Gotong Royong (2020) oleh Sri Widayati, kata gotong oyong memiliki ciri kerakyatan, sama dengan penggunaan kata-kata demokrassi, persatuan, keterbukaan, kebersamaan, atau kerakyatan. Beberapa manfaat gotong royong, di antaranya:

- Meringkankan beban pekerjaan