Find Us On Social Media :

Siapa Paus Fransiskus? Bagaimana Perjalannya Menjadi Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia?

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 4 September 2024 | 10:12 WIB

Siapa Paus Fransiskus? Begitu pertanyaan banyak orang di internet belakangan ini. Kesederhanaan dan kepedulian, barangkali dua hal itu adalah kata paling tepat untuk menggambarkan sosoknya.

Kesederhanaan dan kepedulian, barangkali dua hal itu adalah kata paling tepat untuk menggambarkan siapa Paus Fransiskus.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Siapa Paus Fransiskus? 

Pertanyaan di atas rupanya menjadi salah satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh publik internet belakangan ini. Jika tidak percaya, cek saja Google Trends. Siapa sebenarnya sosok yang disebut-sebut sebagai salah satu Paus paling humanis itu?

Paus Fransiskus punya nama asli Jorge Mario Bergoglio, lahir di Buenos Aires, Argentina, 17 Desember 1939 itu. Dia resmi menjadi Paus ke-266 setelah terpilih pada 2013 lalu seiring dengan pensiunnya Paus Benediktus XVI.

Seperti disebut di awal, Paus Fransiskus disebut-sebut sebagai simbol era baru dalam sejarah Gereja Katolik.

Paus Fransiskus adalah Paus pertama dari Benua Amerika, persisnya dari Amerika Latin, dari Argentina. Selain itu, Paus Fransiskus adalah paus pertama dari ordo Jesuit. Dia juga memperkenalkan gagasan reformasi ke dalam gereja yang menjawab tantangan zaman, salah satunya terkait krisis iklim dan persoalan lingkungan hidup.

Salah satu pernyataannya yang mengejutkan dunia adalah ketika dia meminta maaf secara terbuka kepada para penyintas pelecehan seksual yang dilakukan oleh pendeta. Paus Fransiskus juga dikenal getol mengkritisi masalah perbedaan kelas sosial antara yang kaya dan miskin.

Di luar itu, secara personal, reputasinya dikenal luas sebagai sosok yang rendah hati dan bergaya hidup sederhana.

Baca Juga: Program Penyambutan Kedatangan Paus Fransiskus Live KompasTV