Find Us On Social Media :

Kisah-kisah Unik di Balik Penumpasan Gerakan 30 September 1965

By Moh. Habib Asyhad, Minggu, 1 September 2024 | 11:19 WIB

Penumpasan gerakan makar yang didalangi gerombolan yang mengatasnamakan dirinya Gerakan 30 September tersebut masif dilakukan di seluruh negeri oleh ABRI (kini TNI). Kami menggali beberapa peristiwa yang tak banyak diingat orang lagi dari harian Kompas dan Sinar Harapan terbitan waktu itu.

Banyak kejadian unik di balik peristiwa penumpasan Gerakan 30 September 1965. Tersebar dari Jakarta hingga Surakarta. Beginilah rangkumannya.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Sekitar 59 tahun lalu meletus pemberontakan G30S/PKI. Penumpasan gerakan makar yang didalangi gerombolan yang mengatasnamakan dirinya Gerakan 30 September tersebut masif dilakukan di seluruh negeri oleh ABRI (kini TNI). Kami menggali beberapa peristiwa yang tak banyak diingat orang lagi dari harian Kompas dan Sinar Harapan terbitan waktu itu.

Sana Makan!

Tidak selalu ABRI menggunakan senjata untuk menaklukkan musuh. Misalnya saja ketika mereka berusaha merebut kembali RRI Semarang yang waktu itu sempat diduduki komplotan Gestapu. Sementara RRI mengumandangkan siaran-siaran yang disponsori PKI, salah seorang penjaga bersenjata di luar gedung RRI sudah mulai lesu. Seorang anggota ABRI mendekatinya, lalu menegur:

“Bertugas, Bung?”

“Ya,” jawabnya.

“Sudah makan?”

“Belum.”

“Sana makan dulu di belakang. Kumpulkan dan ajak kawan-kawan yang lain.”