Find Us On Social Media :

Bagaimana Hubungan Proses Geografis dengan Kedatangan Bangsa-bangsa Asing di Indonesia?

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 28 Agustus 2024 | 13:52 WIB

Artikel ini tentang bagaimana hubungan proses geografis dengan kedatangan bangsa-bangsa asing di Indonesia? Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Artikel ini tentang bagaimana hubungan proses geografis dengan kedatangan bangsa-bangsa asing di Indonesia? Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channe, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Berbagai sumber menyebutkan, letak geografis punya peran penting dalam perkembangan sebuah bangsa. Tak terkecuali Indonesia. Karena kondisi geografisnya, sejak lama, Indonesia telah menjadi tempat transit negara-negara asing.

Sebenarnya, bagaimana hubungan proses geografis dengan kedatangan bangsa-bangsa asing di Indonesia?

Selain karena kekayaan alam yang melimpah, tak bisa dipungkiri, yang membuat Indonesia menjadi tempat transit negara-negara asing di zaman pelayaran dulu adalah letak geografisnya. Bagaimana penjelasnnya?

- Sebagai jalur perdagangan vital

Jika kita melihat di peta, Indonesia memang berada di tempat yang sangat strategis. Indonesia adalah penghubung negara-negara yang ada di Asia Timur seperti China dan Jepang dengan negara-negaraa Asia Selatan, seperti India. Posisi Indonesia yang menghadap Samudera Hindia dan Pasifik juga menjadi tempat yang strategis untuk transit.

Tak heran bila banyak negara yang transit di negara kepulauan ini.

Baca Juga: Ada Berbagai Faktor Geografis yang Memengaruhi Keberagaman Budaya di Indonesia, Sebutkan di Antaranya!

- Berdampak pada budaya dan agama