Find Us On Social Media :

Inilah Profil Veddriq Leonardo, Penyelamat Wajah Indonesia Di Olimpiade Paris 2024

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 9 Agustus 2024 | 08:57 WIB

Profil Veddriq Leonardo, sosok yang menyumbangkan medali emas untuk kontingen Indonesia pada Olimpiade Paris 2024.

Profil Veddriq Leonardo, sosok yang menyumbangkan medali emas untuk kontingen Indonesia pada Olimpiade Paris 2024.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Indonesia akhirnya bisa pulang dari Olimpiade Paris 2024 dengan emas. Hingga berita ini ditulis, setidaknya ada dua medali emas yang berhasil digondol kontingen Garuda, plus satu medali perunggu.

Orang pertama yang berhasil mempersembahkan emas bagi kontingen Indonesia pada Olimpiade kali ini adalah Veddriq Leonardo, atlet panjat tebing kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat.

Dilansir Kompas.com, Veddriq berhasil mengharumkan nama Merah Putih di kancah dunia dalam debutnya di Olimpiade Paris setelah mengalahkan pemanjat peringkat kedua dunia di nomor speed, Wu Peng (China), pada partai final. Veddriq merupakan atlet kebanggaan Indonesia kelahiran Pontianak pada 11 Maret 1997.

Atlet berusia 27 tahun ini mengenal dunia panjat tebing sejak bangku SMA. Pada awalnya, dia belajar panjat tebing di nomor boulder tetapi kemudian pindah ke speed. Veddriq pertama kali bertanding di tingkat nasional pada lomba yang diselenggarakan di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Veddriq merupakan pemenang Piala Dunia Panjang Tebing dalam tiga edisi berbeda, dari 2021 ke 2023. Dirinya juga pemenang medali emas Asian Games 2018 dan medali perak di Asian Games 2022 di nomor speed relay.

Veddriq menjadi manusia pertama dalam sejarah yang memanjat dinding lintasan speed setinggi 15 meter tersebut dengan waktu kurang dari 5 detik, tepatnya 4,79 detik di babak penyisihan Olimpiade Paris 2024.

Sebelum meraih emas Olimpiade Paris 2024, Veddriq juga pernah memecahkan rekor dunia dalam Kejuaraan Dunia IFSC 2023 di Seoul, Korea Selatan, Jumat (28/4/2023). Veddriq dua kali mempertajam rekor hingga menjadi 4,9 detik di seri kedua.

Dia mengukir sejarah sebagai manusia pertama yang mampu menaklukkan dinding panjat tebing setinggi 15 meter dengan waktu kurang dari 5 detik. "Saya baru bergabung di pelatnas pada 9 Januari 2018 untuk berlaga di Asian Games,” ujarnya, dilansir Kompas.com (2021).