Find Us On Social Media :

Mengapa Kita Perlu Mempelajari Sejarah? Apa Manfaat Untuk Masa Depan?

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 27 Juli 2024 | 14:35 WIB

Sejarah memang ilmu yang mempelajari peristiwa masa lampau, tapi ia adalah senjata untuk melangkah ke masa depan. artikel ini akan membahas tentang mengapa kita perlu mempelajari sejarah.

Sejarah memang ilmu yang mempelajari peristiwa masa lampau, tapi ia adalah senjata untuk melangkah ke masa depan. artikel ini akan membahas tentang mengapa kita perlu mempelajari sejarah.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Seorang bijak pernah bilang, siapa yang tidak mempelajari sejarah berarti tidak menghargai dirinya sendiri. Bung Karno juga pernah bilang, "Jas Merah", jangan sekali-kali melupakan sejarah. Lalu mengapa kita perlu mempelajari sejarah?

Menurut sejarawab Kuntowijoyo, sejarah adalah peristiwa yang sudah terjadi di masa lalu yang direkonstruksi kembali untuk kepentingan masa kini dan masa mendatang. Kata kuncinya adalah peristiwa, masa lalu, masa kini, dan masa datang. Jadi, garis besar manfaat belajar sejarah adalah meliputi empat hal tersebut.

Manfaat belajar sejarah dalam kehidupan sehari-hari

Mengutip situs Gramedia.com, setidakny ada 10 manfaat belajar sejarah dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membantu memahami identitas

Manfaat lain dari mempelajari sejarah adalah dapat membantu dalam memahami identitas. Identitas yang dimaksud dapat dikaitkan dengan banyak hal yang berbeda. Dari identitas negara, keluarga, kelompok atau organisasi konstituen. Bagaimana itu berkembang dari waktu ke waktu untuk membentuk identitas sebagai gambaran umum dapat dilihat.

2. Membantu memahami peristiwa terkini

Keuntungan mempelajari lebih banyak sejarah adalah dapat membantu memahami peristiwa terkini. Dalam hal ini, berbagai jenis peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu dapat menjadi cerminan dari apa yang terjadi saat ini.