Find Us On Social Media :

Pengertian Sejarah Menurut Herodotus Sang Bapak Ilmu Sejarah

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 22 Juli 2024 | 17:50 WIB

Begitulah pengertian sejarah menurut Herodotus juga bagaimana kisah hidup sang Bapak Sejarah.

Bagaimana pengertian sejarah menurut Herodotus? Lalu bagaimana ciri-ciri penulisan sejarah yang dimiliki oleh Bapak Sejarah itu?

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Pada prinsipnya, sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang sebuah peristiwa di masa lampau. Meski begitu, para ahli punya pengertiannya sendiri-sendiri tentang apa itu sejarah, termasuk Herodotus sang Bapak Ilmu Sejarah.

Bagaimana pengertian sejarah menurut Herodotus?

Herodotus dikenal sebagai sejarawan pertama di dunia. Ia merupakan ahli sejarah asal Yunani yang dijuluki sebagai The Father of History atau Bapak Ilmu Sejarah. Menurut Herodotus, sejarah tidak berkembang ke arah depan dan memiliki tujuan yang jelas, melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi dan rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia itu sendiri.

Lalu bagaimana garis hidup Herodotus?

Soal kisah hidup Herodotus, Majalah Intisari edisi Februari 1964 pernah menuliskannya. Artikel dengan judul "Herodotus dari Hallikarnasus - Bapak Sejarah" itu ditulis oleh Drs. The Tjeng Sioe. Begini ksiahnya:

Salah satu cerita tertua yang kita kenal dalam kesusastraan Yunani adalah Illias dan Odyssea, yang umumnya dianggap sebagai hasil karya yang termasyhur dari Homerus. Mungkin sekali kedua cerita itu mempunya latar belakang kejadian yang sebenarnya, akan tetapi betapa mengesankan penulisannya juga, Illias dan Odyssea belum tergolong hasil karya sejarah.

Juga tulisan-tulisan dari golongan selanjutnya yang disebut logografen–penulis-penulis yang berlainan dengan para penyair, menggunakan bentuk prosa–masih belum dapat dianggap sebagai penulisan sejarah, karena penulisan golongan ini masih belum merupakan “Cerita yang teratur berdasarkan penyelidikan yang berpangkal pada sesuatu problems telling,” kata Jon Romein.

Ciri-ciri ini baru mulai tampak pada tulisan-tulisan Herodotus, maka tidaklah mengherankan bilang orang menganggap dia sebagai Bapak Sejarah.