Find Us On Social Media :

Kenapa Dunia Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia Harus Berterima Kasih Kepada Aisyiyah?

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 17 Juli 2024 | 14:09 WIB

Dunia pendidikan anak usia dini di Indonesia harus berteri kasih kepada Aisyiyah. Mereka yang pertama kali mendirikan taman kanak-kanak yang dikenal sebagai Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) di Kauman, Yogyakarta.

Dunia pendidikan anak usia dini (PAUD) di Indonesia harus berteri kasih kepada Aisyiyah. Mereka yang pertama kali mendirikan taman kanak-kanak yang dikenal sebagai Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) di Kauman, Yogyakarta.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Ide lembaga pendidikan usia dini (Taman Kanak-kanak/TK) memang dicetuskan oleh orang Barat, tapi untuk kasus Indonesia, kita harus berterima kasih kepada Aisyiyah. Pasalnya, merekalah yang pertama kali mendirikan TK di Indonesia.

Bagaimana sejarahnya?

Sejarah TK di dunia

Berbicara tentang pendidikan anak usia dini (PAUD) atau taman kanak-kanak tak mungkin lepas dari Froebel School yang didirikan oleh Friedrich Wilhelm August Fröbel pada 1837 di Blankenburg, Jerman. Dalam kurun waktu kurang dari 15 tahun, Froebel disebut telah membuka sekitar 40 sekolah taman kanak-kanak di seluruh penjuru Jerman.

Sejak awal, Froebel sudah menekankan bahwa pengajar taman kanak-kanak yang cocok adalah seorang perempuan. Dia percaya, pengajar perempuan lebih punya kepekaan dan kualitas terbaik yang bisa diberikan kepada anak-anak dalam membantu tumbuh kembang mereka.

Froebel bahkan sampai membuka sekolah pelatihan untuk para guru TK perempuan.

Tapi sayang, ide Froebel dianggap sangat asing ketika itu. Pemerintah Jerman pun memutuskan untuk menutup semua lembaga pendidikan TK yang digagas oleh Froebel pada 1851. Dimatikan di negara sendiri, tapi siapa sangka ide pendidikan usia dini Froebel ternyata sudah menyebar ke seantero dunia.

Bahkan hingga ke Indonesia yang termanifestasi dalam wujud Froberschool yang didirikan oleh Aisyiyah di Kampung Kauman, Yogyakarta, pada 1919–lembaga pendidikan ini bahkan masih bertahan hingga saat ini. Fraubel Kinderganten Aisyisyah adalah embrio dari Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA).