Find Us On Social Media :

Legiun Mangkunegaran Sebagai Wajah Otonom Kadipaten Mangkunegaran

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 13 Juli 2024 | 14:56 WIB

Legiun Mangkunegaran menjadi salah satu potret bagaimana mandiri dan otonomnya Praja Mangkunegaran yang didirikan oleh Pangeran Sambernyawa (Mangkunegara I).

Legiun Mangkunegaran menjadi salah satu potret bagaimana mandiri dan otonomnya Praja Mangkunegaran yang didirikan oleh Pangeran Sambernyawa (Mangkunegara I).

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Sebagai sebuah kadipaten, tentu posisi Mangkunegaran lebih rendah dibanding Kasunanan (Surakarta) dan Kesultanan (Yogyakarta). Meskipun begitu, kadipaten ini punya kemandirian yang luar biasa.

Hal ini bisa dilihat dari Legiun Mangkunegaran, korps angkatan bersenjata Kadipaten Mangkunegaran yang dibentuk pada era Mangkunegara II. Kerajaan Belanda punya andil besar terhadap berdirinya legiun ini.

Selain sebagai angkatan bersenjata pilih tanding, Legiun Mangkunegaran juga difungsikan untuk menampung bekas pasukan perang Pangeran Sambernyawa, patron trah Mangkunegaran, para penguasanya disebut sebagai Mangkuengara.

Pendiri trah Mengkunegaraan adalah Raden Mas Said yang lebih dikenal sebagai Pangeran Sambernyawa, yang kelak bergelar Mangkunegara I. Kedudukan para penguasa Mangkunegaran berada di di Pura Mangkunegaran yang terletak di pusat kota Surakarta.

Berdasarkan berjanjian pembentukannya, penguasa-penguasa Mangkunegaran berhak menyandang gelar Pangeran Adipati yang secara formal disebut Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara Sepati ing Ayudha Sudibyaningprang. Meski begitu, mereka tidak diperbolehkan menyandang gelar susuhunan (sunan) atau sultan.

Kadipaten Mangkunegaran secara hierarkis berada di bawah Kasunanan Surakarta. Meski begitu, ia berbeda dari kadipaten-kadipaten yang lain. Mangkunegaran punya daerah kekuasaan juga otonomi yang begitu luas, salah satunya adalah berhak mempunya tentara sendiri, yang kelak dikenal sebagai Legiun Mangkunegaran.

Legiun Mangkunegaran sekuat tentara Eropa

Mengutip Kompas.com, Legiun Mangkunegaran adalah bala tentara milik Praja Mangkunegaran yang pernah menjadi kesatuan militer terbaik di Asia pada masanya. Legiun Mangkunegaran dibentuk oleh Mangkunegara II pada 1808 dengan mengadopsi militer Prancis, Grande Armee, yang menjadi angkatan darat terkuat di dunia saat itu.